Categories: Pontianak

Sinergi PLN dan Nindya Karya, Gunakan FABA PLTU Bangun Jembatan Sambas

KalbarOnline, Pontianak – PT PLN (Persero) menjalin kolaborasi dengan PT Nindya Karya guna mengoptimalkan pemanfaatan limbah sisa pembakaran batu bara Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) untuk pembangunan jembatan di Kalimantan Barat.

Fly ash (abu terbang) yang berasal dari PLTU Bengkayang akan digunakan PT Nindya Karya untuk proyek pembangunan jembatan Sungai Sambas Besar (MYC) di Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Setelah melalui serangkaian uji coba laboratorium, PT Nindya Karya menyatakan bahwa hasil Uji Pemakaian fly ash PLTU Bengkayang memenuhi Standar Konstruksi Jembatan.

Manager PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (PLN UPK) Singkawang, Erfan Julianto mengungkapkan, selain diolah menjadi produk turunan seperti paving block dan batako, limbah sisa hasil pembakaran PLTU juga memiliki karakteristik bahan yang kuat sehingga cocok untuk digunakan sebagai timbunan jalan atau road base serta campuran ready mix pada proyek konstruksi.

“Ini merupakan salah satu gebrakan yang dilakukan oleh PLN dan PT Nindya Karya, dimana kali ini bersinergi untuk membangun negeri, PLN membantu raw material dengan FABA untuk Proyek Pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar (MYC) Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, sebagai dukungan dalam pengembangan sarana infrastruktur jalan dan jembatan.” tegas Erfan.

Project Manager Pembangunan Jembatan Sambas Besar, Ega Yogaswara mengungkapkan, bahwa fly ash hasil pembakaran PLTU digunakan sebagai material substitusi campuran ready mix beton konstruksi sangat dibutuhkan untuk industri konstruksi. 

“Khususnya pembangunan jembatan karena sudah beberapa jembatan memanfaatkan FABA sebagai material campuran, contohnya pembangunan Jembatan Suramadu, Jembatan Holtekam Jayapura dan beberapa jembatan lainnya,” ungkap Ega.

PLN dikatakannya, terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun kerja sama pemanfaatan FABA. PLN berharap limbah PLTU tersebut mampu digunakan untuk mendorong upaya pemerintah dalam pengembangan infrastruktur nasional. (Rilis/Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Kembalikan Berkas Pencalonan, Sutarmidji Harap Nasdem Bisa Seperti di Periode Lalu

KalbarOnline, Pontianak - Mantan Gubernur Kalbar, Sutarmidji melakukan pengembalian berkas sebagai calon Gubernur Kalbar ke…

8 mins ago

Di PEVS 2024, Dirut PLN Paparkan ke Presiden Jokowi Soal Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik Tanah Air

KalbarOnline, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi booth PT PLN (Persero) dalam…

9 mins ago

Ditanya Peluang Kembali Berpasangan dengan Sutarmidji, Norsan Bantah Abu-abu

KalbarOnline, Pontianak - Mantan Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan kembali ditanya soal peluangnya kembali berpasangan…

48 mins ago

Sutarmidji Sebut PAN Merupakan Mitra yang Andal di Pemilu Maupun dalam Pemerintahan

KalbarOnline, Pontianak - Mantan Gubernur Kalbar periode 2018 - 2023, Sutarmidji melakukan pengembalian berkas pencalonan…

1 hour ago

Maju Pilkada Kubu Raya, Fachri Sowan ke KH Syukron Ma’mun

KalbarOnline, Pontianak - Bakal calon Bupati Kubu Raya, Mochammad Fachri bersilaturahmi dengan KH Syukron Ma'mun.…

3 hours ago

Hasil Pemilu 2024, Lebih Separuh DPRD Kapuas Hulu Diisi Wajah Baru

KalbarOnline, Putussibau - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu baru saja menggelar rapat pleno…

8 hours ago