Categories: Kapuas Hulu

Banjir Kembali Menerjang, 5 Kecamatan di Kapuas Hulu Terendam

KalbarOnline, Pontianak – Banjir kembali menerjang Kabupaten Kapuas Hulu. Dalam beberapa hari terakhir ini, selain curah hujan yang cukup intens, debit air Sungai Kapuas yang berada di wilayah perhuluan pun mulai meluap, sehingga hal itu mengakibatkan rumah-rumah warga di sejumlah desa di 5 kecamatan kini terendam air.

Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat meminta kepada seluruh masyarakatnya untuk selalu waspada dan siaga terhadap kemungkinan banjir susulan yang lebih besar lagi.

“Kita khawatir banjir besar, makanya masyarakat harus waspada dan siaga, jangan panik tetap utamakan keselamatan,” imbau Wahyudi.

Dia menjelaskan, bahwa sejumlah daerah di lintas selatan wilayah Kapuas Hulu juga sudah terendam banjir, bahkan satu mobil dinas yang digunakan Kepala Dinas Transmigrasi Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Kapuas Hulu sempat terseret banjir saat hendak melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Boyan Tanjung.

“Karena air cukup dalam, mobil tersebut terseret, dan saya reflek turun dari kendaraan untuk membantu menyelamatkan mobil,” katanya.

Sementata itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan menjelaskan, bahwa saat ini banjir telah terjadi di sejumlah wilayah, seperti di Tanjung Lokang, Beringin Jaya, Nanga Erak dan Lunsara wilayah Kecamatan Putussibau.

Selain itu, banjir juga sudah mulai merendam sejumlah desa di Kecamatan Bunut Hulu, Kalis, Boyan Tanjung, Pengkadan dan Kecamatan Putussibau Selatan.

“Debit air di permukaan daratan bervariasi, antara setengah meter hingga satu meter,” ujarnya.

Gunawan juga meminta kepada pihak kecamatan dan desa secara kontinyu melaporkan perkembangan banjir dan kejadian di wilayah masing-masing, hal itu guna memudahkan pemerintah dalam menentukan langkah-langkah selanjutnya. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Link Berita Soal Laporan Korupsi ke Kejati Kalbar Mendadak Hilang, Muncul Kode 404

KalbarOnline, Pontianak - Belakangan ini publik dihebohkan dengan laporan dugaan korupsi program Bantuan Stimulan Perumahan…

5 hours ago

Pelajar SMKN 01 Sintang Jawab Tantangan Rita, Buat Mobil Listrik Dalam 30 Hari

KalbarOnline, Pontianak - Pelajar SMK Negeri 1 Sintang Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil merakit sebuah…

5 hours ago

Windy Sebut Gawai Dayak Sangat Potensial Masuk ke Kalender Event Nusantara Kemenparekraf

KalbarOnline, Pontianak - Salah satu event wisata budaya yang digelar setiap tahun di Rumah Radakng,…

8 hours ago

Gawai Dayak di Pontianak Tahun Ini Akan Ada Karnaval Air

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-XXXVIII Tahun 2024 Kalimantan Barat akan digelar pada 20…

8 hours ago

Sarina, Finalis Putri Hijabfluencer Kalbar 2024 Asal Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Sarina (18 tahun) lahir di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten…

15 hours ago

Hadapi Seleksi STQ dan TC, Pengurus LPTQ KKU Audiensi ke Pj Bupati Romi Wijaya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan…

15 hours ago