Categories: BisnisMarket

Gubernur Kalbar Dorong IWAPI Bersinergi dengan Berbagai Pihak Kembangkan UMKM

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mendorong Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia IWAPI untuk dapat bekerjasama dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan usaha UMKM para anggotanya. Baik itu penelitian, pelatihan-pelatihan, dan memperluas akses pasar.

“Termasuk lah melakukan penelitian-penelitian yang bekerjasama dengan Balai POM, untuk produk tertentu, misalnya kuliner,” ujarnya di sela-sela acara pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD IWAPI Kalbar, di Aula Bank Kalbar Kubu Raya, Senin (22/08/2022).

Tak hanya aspek produksi yang perlu menjadi perhatian. IWAPI juga bisa memberikan perhatian terhadap pengemasan produk UMKM. Sebab menurutnya, kemasan bisa menjadi daya tarik yang menarik bagi konsumen dalam membeli sebuah produk.

“Selera pasar itu tidak hanya rasa, tapi tampilan juga perlu dipersiapkan dengan baik,” pesannya.

Sementara itu, Ketua IWAPI Kalbar, Oktavia memandang, beragam tantangan sering dihadapi UMKM di Kalbar ketika mengembangkan bisnisnya. Tak terkecuali bagi pelaku usaha perempuan seperti IWAPI. Di sisi lain, banyak potensi produk UMKM baik kuliner, kerajinan, fesyen, dan lain-lain yang masih perlu dikembangkan secara maksimal.

“Dalam Rakerda kali ini hal tersebut kami bahas dan akan diimplementasikan dalam program kerja kita mendatang,” ucapnya.

Oktavia mengatakan, saat ini anggota IWAPI Kalbar berjumlah sekitar 800 orang. IWAPI, sebagai wadah bagi pengusaha-pengusaha perempuan menurutnya mengambil peran dalam menjawab tantangan pelaku usaha perempuan di provinsi ini. Dia menilai, produk UMKM anggota IWAPI Kalbar sudah menunjukkan progress yang cukup baik.

“Waktu itu produk anggota (IWAPI) yang tahun 2019 bawa pameran di Kuching (Malaysia). Dan mereka kini sudah memperbaiki packaging-nya ketika ditampilkan kembali saat Pameran di Kuching tahun ini,” katanya.

Pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan usaha para anggota IWAPI agar memiliki daya saing baik nasional maupun internasional. Namun lagi-lagi tantangannya saat ini adalah bagaimana agar pangsa pasar produk UMKM ini dapat semakin luas.

“Kita benar-benar harus bisa memproduksi barang yang bisa menembus pangsa pasar di daerah lain. Cari mitra yang bisa kita gandeng untuk bisa memaksimalkan hal itu,” katanya.

Okta menambahkan, pelaku UMKM sebaiknya tidak hanya mengandalkan target pasar di daerah sendiri. Sebab boleh jadi ada lebih banyak lagi konsumen di luar daerah bahkan luar negeri yang membutuhkan produk UMKM di Kalbar.

“Tidak harus bergelut di daerah sendiri. Ke depan kita perlu maksimalkan kerja sama, tidak hanya sekedar MoU saja,” pungkasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Polres Kapuas Hulu Gelar Pelatihan Profesionalisme Fungsi Intelkam Bagi Personel

KalbarOnline, Putussibau - Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan membuka pelatihan profesionalisme personel Intelkam Polres Kapuas…

14 hours ago

Suami di Kubu Raya Pergoki Istrinya Diduga Selingkuh dengan Seorang Tokoh Agama

KalbarOnline.com – Beredar di media sosial sebuah video seorang suami di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten…

17 hours ago

HUT ke-41 BPKP, Romi Wijaya: Semakin Akseleratif dan Independen

KalbarOnline.com – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya menghadiri upacara peringatan Hari ulang tahun…

18 hours ago

Seorang Pemuda di Kubu Raya Nekat Curi Troli Basarnas untuk Modal Judi Slot

KalbarOnline – Seorang pemuda di Kubu Raya berinisial ED (29) diamankan polisi terkait kasus pencurian.…

18 hours ago

Bappeda Pontianak Ajak Stakeholders Identifikasi Potensi Risiko Pembangunan SPALD-T

KalbarOnline.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pontianak menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk…

19 hours ago

Ani Sofian Instruksikan Dishub Pontianak Tertibkan Truk Kontainer Tanpa Twist Lock

KalbarOnline.com – Insiden jatuhnya boks kontainer di jalan raya sudah beberapa kali terjadi di Pontianak.…

19 hours ago