Tinggal Melawi yang Belum Bentuk TPAKD

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyampaikan, dari 14 kabupaten/kota yang ada di Kalbar, tinggal Kabupaten Melawi yang belum membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Sutarmidji berharap agar hal itu dapat segera terealisasi.

“Kita tinggal satu yang belum, Melawi, mudah-mudahan sebelum Oktober (2022), Melawi sudah siap. Jadi nanti pengukuhannya serentak, tinggal bagaimana mensosialisasikan jenis layanan perbankan, akses perbankan,” kata Sutarmidji seusai Rapat Pleno Daerah TPAKD se-Kalbar, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin (27/06/2022).

Sebelumnya dalam rapat koordinasi, selain potensi dan peluang, Sutarmidji turut membeberkan sejumlah kendala yang dihadapi Kalbar saat ini, utamanya terkait jaringan internet dan telepon seluler yang kurang memadai. Sejumlah wilayah, kata dia, masih terkategori blank spot.

“Akses perkankan ini perlu untuk efisiensi, tapi itu tadi kelemahan kita disitu (internet dan telepon). Tapi capaian-capaian kita usahakan bisa diatas nasional,” katanya. 

Namun demikian, Sutarmidji berkomitmen akan melakukan berbagai inovasi, bagaimana agar program-program daerah dapat tercapai secara maksimal.

“Kan IPM itu kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan, kesejahteraan yakni  ekonomi,” katanya.

Sutarmidji memandang, peningkatan IPM dari sektor ekonomi berkaitan erat dengan bagaimana pelaku usaha bisa mengakses kredit murah di perbankan, yang pada gilirannya dapat membantu perekonomian masyarakat.

“Super mikro itu bunganya tiga persen, kemudian Kurma, bahkan ada yang tidak berbunga artinya akses perbankannya mudah. Bahkan tadi bisa dihitung kontribusinya bisa 0,17. Itukan bagi daerah untuk peningkatan IPM-nya bagus,” kata Sutarmidji. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pelaku Curanmor Depan Pangkas Rambut Pontianak Utara Ditangkap Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Satu pelaku pencurian sepeda motor di depan pangkas rambut Jalan Gusti Situt…

11 hours ago

Sujiwo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacabup Kubu Raya ke PDI Perjuangan

KalbarOnline, Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019 - 2024, Sujiwo secara resmi…

11 hours ago

KalbarOnline.com bersama Puluhan Pemred se Indonesia Teken Deklarasi ICEC

KalbarOnline, Palembang - Hari Pers Internasional atau World Press Freedom Day yang jatuh setiap tgl…

11 hours ago

Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat Ringkus Pencuri Sepeda Motor

KalbarOnline, Pontianak - Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat mengamankan seorang laki-laki bernama Roby (25 tahun)…

14 hours ago

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

20 hours ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

22 hours ago