Komitmen Andi Ridwan Majukan IPSI Kalbar untuk Kembali Berprestasi di Level Nasional

Komitmen Andi Ridwan Majukan IPSI Kalbar untuk Kembali Berprestasi di Level Nasional

KalbarOnline, Pontianak – Ketua IPSI Kalbar, Andi Ridwan berkomitmen memajukan pencak silat Kalbar agar dapat kembali berprestasi di level nasional.

Ia pun telah merumuskan sejumlah langkah-langkah untuk mencapai target itu. Sedikitnya ada empat hal yang menjadi semangat utama yang akan dilakukannya selama mengomandoi IPSI Kalbar.

“Pertama, membangun antusiasme. Saya ingin menggairahkan kembali semangat pencetak prestasi IPSI Kalbar. Memacu rasa lapar untuk terus berprestasi mengharumkan nama IPSI Kalbar,” ujarnya saat diwawancarai wartawan di Pontianak, kemarin.

Kemudian, membangun netralitas dalam pengolaan organisasi IPSI. Hal ini penting. Agar organisasi berdiri di atas semua golongan tanpa membedakan suku, agama dan ras, di perguruan-perguruan silat yang ada di Kalbar.

Baca Juga :  Menhan Prabowo Subianto Diagendakan Akan Lantik Pengprov IPSI Kalbar

“Semua perguruan silat harus dalam satu wadah IPSI,” tegasnya.

Selanjutnya, membangun disiplin agar IPSI sebagai wadah pencak silat serius dalam menata organisasi. Sesuai dalam menjalankan program yang sudah dicanangkan dan serius dalam mengejar prestasi. Dan yang keempat yakni meembangun integritas.

“Ini aspek yang utama. Melengkapi keseluruhan dari nilai dan semangat yang saya dituangkan dalam visi misi saya membangun IPSI. Harus jujur dan terbukaa dalam membangun IPSI. Sehingga IPSI bisa mengayomi setiap pengurus cabang dan ranting perguruan silat yang ada,” imbuhnya.

Baca Juga :  Rajawali Putih dan Buana Putra Dukung Andi Ridwan Pimpin IPSI Kalbar

Menurut Andi Ridwan, sejak 12 tahun terkahir, prestasi IPSI mengalami stagnan. Padahal, dalam sejarahnya IPSI punya catatan prestasi gemilang. Pernah juara dunia di ajang Sea Games.

Karena itu, dia bertekat akan kembali menghidupkan geliat pencak silat di Kalbar. Caranya mengaktifkan kembali padepokan perguruan silat.

“Ide menghidupkan lagi padepokan perguruan, akan kami laksanakan. Saya tertarik menjadi ketua IPSI Kalbar itu, karena ingin menjaga budaya kearifan lokal. Aset bangsa kita ini harus kita kembangkan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Andi Ridwan terpilih menjadi ketua IPSI Kalbar periode 2020-2024, berdasarkan hasil musyawarah daerah IPSI Kalbar yang digelar pada 21-22 Nomvember 2020 di Kapuas Palace.

Comment