Categories: Sanggau

Korupsi Uang Kantor, Kejari Sanggau Tahan Kepala Pos Cabang Entikong

KalbarOnline, Sanggau – Pasca ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada pengelolaan keuangan Kantor Pos Cabang Entikong tahun 2019, Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau kemudian melakukan penahanan sementara terhadap Kepala Kantor Pos Cabang Entikong berinisial AR.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sanggau, Anton Rudiyanto menyampaikan, bahwa penahanan terhadap AR ini dilakukan selama 20 hari kedepan di Rutan Kelas IIA Pontianak.

“Tersangka ditahan selama 20 hari di Rutan Kelas IIA Pontianak untuk kemudian disidangkan,” jelas Anton dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (24/06/2022).

Lebih lanjut, Anton membeberkan, perbuatan korupsi yang dilakukan tersangka pada 2019, dimana saat itu AR menggelapkan uang kas Kantor Pos Cabang Entikong sebesar Rp 91 juta.

Tak hanya itu, tersangka juga secara diam-diam menggunakan akses komputer untuk mengambil uang milik PT Pos Indonesia sebesar Rp 658 juta.

“Uang tersebut dimaksudkan untuk mengganti uang yang sebelumnya diambil tersangka sebesar Rp 91 juta, jadi total kerugian keuangan negara atas perbuatan tersangka sebesar Rp 580 juta,” ujar Anton.

Menurut Anton, perbuatan tersangka juga telah dilakukan audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalbar.

“Tersangka patut diduga melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri dengan menyalahgunakan kewenangan sebagai kepala kantor,” ucap Anton.

Atas perbuatannya, tersangka AR dijerat Pasal 3 Undang-undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana  Korupsi  dengan ancaman pidana penjara maksimal 20 tahun dan denda Rp 1 miliar. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Dua Pria Kubu Raya Ditangkap, Hendak Edarkan 45 Paket Sabu ke Para Nelayan

KalbarOnline, Kubu Raya - Dua pria asal Kubu Raya, SS (31 tahun) dan AL (33…

30 mins ago

TP PKK Kayong Utara Raih Juara 3 Lomba Senam Kreasi di HKG ke 52 Tingkat Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Kayong Utara - Penjabat (Pj) Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten…

48 mins ago

Pria Paruh Baya Tewas Gantung Diri di Gang Baiduri Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Seorang pria paruh baya berinisial S (42 tahun) ditemukan tewas di dalam…

2 hours ago

Kasus Tipu Gelap Jual Beli Tanah Rp 2,3 M di Jalan Purnama Bergerak Maju Satu Langkah

KalbarOnline, Pontianak - Almarhum ayahanda Effendi mungkin akan tersenyum dari dalam kuburnya, karena perjuangannya menuntut…

3 hours ago

Windy Prihastari Umumkan Kabupaten Juara HKG PKK 2024 Tingkat Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Gelaran perhelatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-52 tingkat…

3 hours ago

Pukulan Rebana Jadi Tanda Dimulainya MTQ ke XXXII Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)…

4 hours ago