Categories: Kapuas Hulu

Fransiskus Diaan Minta Kades Cepat Manfaatkan Dana Desa

Pacu perputaran ekonomi masyarakat

KalbarOnline, Kapuas HuluPemerintah Desa diminta untuk mempercepat pemanfaatan dana desa. Hal itu untuk memacu perputaran ekonomi di masyarakat. Selain percepatan, dalam pemanfaatannya juga harus mengacu pada regulasi yang ada.

Hal itu disampaikan Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meneruskan arahan Gubernur Kalbar Sutarmidji dalam rapat koordinasi penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yang digelar Pemprov Kalbar secara virtual, Rabu, 2 Maret 2022.

“Arahan Presiden, Dana Desa harus mengarah pada pertumbuhan ekonomi di desa masing-masing. Karena itu saya mengimbau agar para Kades di Kapuas Hulu segera memproses dana desanya,” tegas Fransiskus Diaan.

Fransiskus Diaan yang akrab disapa Bang Sis ini menuturkan, pada masa pandemi Covid-19 saat ini perputaran ekonomi itu menjadi aspek yang penting. Di samping itu program seperti bantuan langsung tunai, ketahanan pangan, termasuk penanganan pandemi Covid-19 juga harus dilaksanakan dengan baik oleh pemerintahan di tingkat desa.

Selain itu Bupati Fransiskus Diaan juga berpesan agar pertanggungjawaban anggaran desa harus baik, laksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Saya juga menginstruksikan kepada Kadis DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) yang baru, agar membenahi sistem yang ada agar dana desa itu betul-betul efektif, agar dana desa ini juga segera bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Aplikasi yang ada dimanfaatkan secara baik,” pungkas Fransiskus Diaan.

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Bingkisan Kebahagiaan PLN untuk Warga Kalsel yang Membutuhkan

KalbarOnline.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

7 mins ago

Dekranasda Kalbar Dukung Gallery Rika Ayub Design Turut Majukan Fashion Wastra Khas Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Windy…

3 hours ago

Pentingnya Imunisasi Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

KalbarOnline, Pontianak - Setiap orang memiliki imunitas yang berbeda, sehingga daya tahan tubuh terhadap penyakit…

3 hours ago

Pemkab Kayong Utara Matangkan Persiapan Rakor Pengendalian Inflasi Berikutnya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Minggu…

3 hours ago

Pemkot Pontianak Dorong Posyandu Naik Kelas

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah berencana untuk mendorong posyandu agar dapat naik…

4 hours ago

Memahami KBGO yang Rentan Menyasar Jurnalis Perempuan

KalbarOnline, Pontianak - Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Kalimantan Barat menggelar workshop Kekerasan Berbasis Gender…

4 hours ago