Categories: Kapuas Hulu

Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Dorong Pengrajin Tingkatkan Kualitas Sidan

Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Dorong Pengrajin Tingkatkan Kualitas Sidan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kapuas Hulu menggelar pelatihan untuk para pengerajin tenun di Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat, 12 November 2021.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Pendopo Bupati Kapuas Hulu tersebut juga dilaksanakan secara virtual dengan Ketua dan jajaran pengurus Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat. Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini beserta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu.

Pelatihan kali ini mengangkat tema “Peningkatan Kehalusan dan Modifikasi Kain Tenun Sidan”.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Angeline Fremalco Fransiskus Diaan mengungkapkan, pelatihan yang dilakukan itu tujuannya untuk meningkatkan kualitas kain tenun tersebut.

“Tenun Sidan ini memang mencuri perhatian kita semua, karena hanya ada di Kapuas Hulu, maka kita ingin  memperhalus dan meng upgradenya,” ungkap Angeline.

Dirinya berpesan kepada 20 peserta pelatihan yang terpilih agar bisa mengikuti kegiatan dengan disiplin dan sungguh-sungguh.

“Di sini kita semua belajar, kita belajar teknik kepada narasumber, sehingga bisa sedikit demi sedikit meningkatkan kualitas tenun Sidan, sehingga bisa digunakan lebih banyak, kemudian dari segi pendapatan pengerajin juga bisa mendapatkan nilai tambah,” papar Angeline Fremalco.

Anggota DPRD Provinsi Kalbar dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, peningkatan kualitas penting, maka perlu dilakukan pelatihan.

“Kain Tenun Sidan ini bisa membawa nama Kapuas Hulu terkenal, jadi kita punya warisan leluhur yang luar biasa,” tuturnya.

boskalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
boskalbaronline

Recent Posts

PWI Kalbar Komitmen Dukung KPU Sukseskan Pilkada 2024

KalbarOnline, Pontianak - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Barat berkomitmen untuk mendukung Komisi Pemilihan…

4 hours ago

Tersangka Korupsi Dana Desa Tekalong Dipindahkan ke Rutan Kelas 2 Pontianak

KalbarOnline, Putussibau - Filemon Siderasi, mantan Kepala Desa Tekalong, Kecamatan Mentebah, Kabupaten Kapuas Hulu yang…

4 hours ago

Peletakkan Batu Pertama Pembangunan GOR Indoor, Wujud Nyata Komitmen Pemkab Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati Ketapang, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo meletakkan batu pertama pembangunan Gelanggang…

4 hours ago

PKRS Pontura Studi Tiru Program PKRS RSUD SSMA

KalbarOnline, Pontianak - Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota…

4 hours ago

Tari Gasing dari Pontianak Pukau Peserta Apeksi di Balikpapan

KalbarOnline, Pontianak - Suguhan tari gasing yang ditampilkan para penari dari Kota Pontianak menyita perhatian…

4 hours ago

Harisson Apresiasi Kodam XII Tanjungpura, Berhasil Gagalkan Selundupan Sabu 21 Kg

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memberikan apresiasi kepada jajaran…

4 hours ago