Categories: Melawi

Wujudkan Penyusunan APBD Melawi Tidak Bersifat Rutinitas

Wujudkan Penyusunan APBD Melawi Tidak Bersifat Rutinitas

KalbarOnline, Melawi – Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi Paulus, membuka sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022, di Aula Kantor Bupati Melawi, Kamis, 19 Agustus 2021.

Paulus menjelaskan, APBD merupakan gambaran keseriusan Pemerintah Daerah dalam mengelola pemerintahannya, oleh sebab itu dalam penyusunan APBD tahun anggaran 2022 ada beberapa prinsip yang harus ditaati.

Dia menerangkan, beberapa prinsip yang harus ditaati antara lain, APBD harus memberikan stimulus untuk mendukung reformasi struktural guna pemulihan ekonomi, meningkatkan produktivitas dan daya saing daerah.

Selain itu, dalam penyusunan program, kegiatan dalam APBD dilakukan secara efisien, efektif, tidak bersifat rutinitas dan tetap antisipatif, responsif serta flexsibel dalam menghadapi dinamika pandemi dan perekonomian.

Lebih lanjut dikatakan, APBD haruslah sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Dia mengungkapkan, APBD harus tertib, taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat.

Yang lebih penting lagi, kata Paulus, APBD harus tepat waktu, sesuai dengan tahapan jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Dia menambahkan, APBD yang tidak bertentangan dengan kepentingan umum, peraturan perundangan yang lebih tinggi dan peraturan daerah lainnya. (SR)

boskalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
boskalbaronline

Recent Posts

Peluncuran Tahapan Pilkada Kapuas Hulu 2024, Wabup Wahyudi Ajak Semua Pihak Jaga Suasana Sejuk dan Damai

KalbarOnline, Putussibau – Komisi Pemilu Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu melakukan peluncuran tahapan pemilihan kepala…

11 hours ago

IKA Unhas Kalbar Siap Berikan Kontribusi Positif Bagi Kemajuan dan Pembangunan Daerah

KalbarOnline, Pontianak - Suksesi pemilihan Ketua dan Pengurus Wilayah Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin (IKA…

13 hours ago

Sambil Mancing Ikan, Edi Kamtono Minta Doa Warga Kembali Jadi Walkot Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Mantan Wali Kota Pontianak incumbent, Edi Rusdi Kamtono menikmati weekend dengan memancing…

17 hours ago

Dinilai Tak “Orisinil”, KPU Klarifikasi Soal Polemik Karya Pemenang Lomba Cipta Jingle Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak memberikan klarifikasi terkait dugaan pemenang Lomba…

17 hours ago

Ketua Bawaslu Kapuas Hulu Lantik 64 Anggota Panwascam Pilkada 2024

KalbarOnline, Putussibau - Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Mustaan melantik sedikitnya 64 orang Panitia Pengawas…

17 hours ago

Polres Kubu Raya Amankan 6 Remaja Terlibat Tawuran di Sungai Raya

KalbarOnline, Kubu Raya - Tim Patroli Presisi Satuan Samapta Polres Kubu Raya mengamankan 5 remaja…

1 day ago