Categories: Kapuas Hulu

Bupati Sis: Gereja Bagus Harus Disertai Keaktifan Umat Beribadah

Bupati Sis: Gereja Bagus Harus Disertai Keaktifan Umat Beribadah

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, meresmikan Gereja Katolik Santo Bernadus, Dusun Penemur, Desa Teluk Geruguk, Kecamatan Boyan Tanjung, Sabtu (5/6/2021).

Gereja Santo Bernadus ini memiliki sejarah tersendiri dalam penamaannya. Dibalik nama Santo juga berlatar belakang dari nama temenggung yakni Bernadus. Ia berjasa untuk pembangunan di Penemur. Gereja ini mulai didirikan sejak 1983, dari lokasi awal gereja kemudian dipindah ke tempat ini, Dusun Penemur II. Peresmian Gereja Santo Bernadus Penemur adalah momen bersejarah bagi umat Katolik di Penemur. Peresmiannya telah lama ditunggu karena pembangunan sendiri berjalan enam tahun.

“Luasannya 10×20 meter untuk fisik bangunan gereja. Pembangunannya dari tahun 2015 hingga 2021, pembangunan secara swadaya dan donatur lain juga bantuan Pemda dan aspirasi dewan,” ucap Valentinus Ketua Panita Pembangunan.

Uskup Sintang, Samuel Oton Sidin menuturkan, selamat atas terselesaikannya pembangunan gereja Santo Bernadus kepada umat Katolik di Penemur. Ia juga mengapresiasi dukungan berbagai pihak termasuk Pemerintah, sebab terealisasinya gereja tersebut karena dukungan dari Pemerintah, DPRD dan masyarakat.

“Hal terpenting dari kehadiran gereja ini adalah untuk menumbuhkembangkan iman. Umat disini harus hidup harmonis dalam kehidupan antar umat beragama,” ucapnya.

Sementara Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengharapkan kehadiran Gereja Santo Bernadus semakin meningkatkan iman dan ketakwaan masyarakat Penemur yang beragama Katolik.

“Seperti yang sudah disampaikan Uskup tadi, tujuan pembangunan gereja tidak lain adalah untuk peningkatan iman. Gereja sudah bagus harus disertai keaktifan umat beribadah,” tuturnya.

Turut Hadir dalam peresmian tersebut Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Yosef Alexander dan Anggota DPRD Kapuas Hulu, Yanto, Antonius Thambun, Sinardi, Sukardi, Budiharjo serta Forkopimcam Boyan Tanjung.

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Hadiri HKG PKK ke-52, Staf Ahli Bupati Bangga Atas Prestasi PKK Ketapang dan Berharap Lebih Ditingkatkan Lagi

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati Ketapang, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemkab…

2 mins ago

Sekda Ketapang Pimpin Rapat Koordinasi Usulan Belanja Tidak Terduga Dinas Koperasi

KalbarOnline, Ketapang - Sekretaris Daerah, Alexander Wilyo memimpin Rapat Koordinasi Usulan Belanja Tidak Terduga (BTT)…

4 mins ago

Devi Harinda Buka Kegiatan Workshop dan Business Matching Politap Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Pemkab Ketapang, Devi Harinda membuka Workshop dan…

31 mins ago

Syamsul Islami Hadiri Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H dan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII bersama Forkopimda Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Sekda Ketapang, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Ketapang, Syamsul…

31 mins ago

Audiensi dengan Kepala BPJS, Sekda Sebut Pemkab Ketapang Akan Pastikan Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakatnya

KalbarOnline, Ketapang - Sekda Ketapang, Alexander menerima audiensi Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Ketapang, pada Jumat…

33 mins ago

Harga Telur di Putussibau Meroket Hingga Rp 22.000

KalbarOnline, Putussibau - Harga sembako yang ada di toko-toko maupun di minimarket di wilayah Putussibau…

1 hour ago