Categories: Kapuas Hulu

PT UKM Kapuas Hulu Rambah Sektor Elpiji dan Pupuk Subsidi

PT UKM Kapuas Hulu Rambah Sektor Elpiji dan Pupuk Subsidi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Direktur Utama PT Uncak Kapuas Mandiri (UKM) Kapuas Hulu, Sy Abubakar Al Qadrie mengatakan, tahun ini pihaknya akan mengembangkan usaha pendirian agen Elpiji subsidi dan non subsidi serta membuka usaha sebagai distributor pupuk bersubsidi untuk wilayah Kapuas Hulu.

“Pengembangan usaha Elpiji dan pupuk bersubsidi tersebut salah satu penguatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu,” kata dia seperti dilansir dari Antara Kalbar.

Disampaikan dia, dalam pengembangan kedua usaha tersebut nantinya akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di desa.

Menurutnya, untuk Elpiji subsidi dan non subsidi mau pun pupuk bersubsidi itu nantinya akan dijual dengan harga eceran tertinggi (Het) yang di keluarkan Pemkab Kapuas Hulu.

“Jadi nanti yang kita tunjuk sebagai pangkalan itu langsung Bumdes, sehingga kita berikan keleluasaan BUMdes untuk mengembangkan diri dengan program pengembangan usaha dari BUMD khususnya PT UKM,” kata dia.

Dikatakan Al Qadrie, usaha yang sedang berjalan saat ini yaitu Bahan Bakar Minyak (BBM) dan usaha madu hutan dan travel serta distributor semen gresik.

“Kami melihat usaha Elpiji dan pupuk bersubsidi berpeluang dikembangkan dengan mengandeng BUMDes, sehingga kehadiran BUMD dan BUMdes sama-sama berkembang dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pendapatan daerah dan desa,” jelas Al Qadrie.

Meksi pun pada tahun 2020 lalu, PT UKM belum bisa menyumbangkan pendapatan untuk daerah terkendala COVID-19, namun Al Qadrie optimis bisa membantu pemerintah untuk menstabilkan harga serta mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ishak KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Ishak KalbarOnline
Tags: Kapuas Hulu

Recent Posts

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

4 hours ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

4 hours ago

Wabup Ketapang Jadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Desa Mayak

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan (TMMD) TNI Manunggal Membangun…

4 hours ago

Sekda Ketapang Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi oleh KPK RI

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pemberantasan…

4 hours ago

Peringati Hari Buruh Nasional 2024, PLN Tebar Kebaikan untuk Petugas Kebersihan Kebun Raya Banua Banjarbaru

KalbarOnline.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan menyelenggarakan…

4 hours ago

Timnas Garuda U-23 Kalah di Laga Play-off Olimpiade 2024

KalbarOnline, Nasional - Timnas Indonesia U-23 harus memupus harapan untuk tampil di Olimpiade setelah kalah…

4 hours ago