by

PT UKM Kapuas Hulu Rambah Sektor Elpiji dan Pupuk Subsidi

PT UKM Kapuas Hulu Rambah Sektor Elpiji dan Pupuk Subsidi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Direktur Utama PT Uncak Kapuas Mandiri (UKM) Kapuas Hulu, Sy Abubakar Al Qadrie mengatakan, tahun ini pihaknya akan mengembangkan usaha pendirian agen Elpiji subsidi dan non subsidi serta membuka usaha sebagai distributor pupuk bersubsidi untuk wilayah Kapuas Hulu.

“Pengembangan usaha Elpiji dan pupuk bersubsidi tersebut salah satu penguatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu,” kata dia seperti dilansir dari Antara Kalbar.

Disampaikan dia, dalam pengembangan kedua usaha tersebut nantinya akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di desa.

Menurutnya, untuk Elpiji subsidi dan non subsidi mau pun pupuk bersubsidi itu nantinya akan dijual dengan harga eceran tertinggi (Het) yang di keluarkan Pemkab Kapuas Hulu.

“Jadi nanti yang kita tunjuk sebagai pangkalan itu langsung Bumdes, sehingga kita berikan keleluasaan BUMdes untuk mengembangkan diri dengan program pengembangan usaha dari BUMD khususnya PT UKM,” kata dia.

Dikatakan Al Qadrie, usaha yang sedang berjalan saat ini yaitu Bahan Bakar Minyak (BBM) dan usaha madu hutan dan travel serta distributor semen gresik.

“Kami melihat usaha Elpiji dan pupuk bersubsidi berpeluang dikembangkan dengan mengandeng BUMDes, sehingga kehadiran BUMD dan BUMdes sama-sama berkembang dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pendapatan daerah dan desa,” jelas Al Qadrie.

Meksi pun pada tahun 2020 lalu, PT UKM belum bisa menyumbangkan pendapatan untuk daerah terkendala COVID-19, namun Al Qadrie optimis bisa membantu pemerintah untuk menstabilkan harga serta mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Comment

News Feed