Categories: Nasional

Baznas: Pandemi Covid-19 Dekatkan Si Kaya dengan Si Miskin

KalbarOnline.com – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Prof Noor Achmad menuturkan jurang pemisah antara si kaya dengan si miskin saat ini terlalu jauh. Namun, di tengah pandemi Covid-19, dia menilai hubungan antara si kaya dengan si miskin menjadi lebih dekat.

Dia menjelaskan selama ini hubungan antara rakyat dengan penguasa sudah terlalu jauh. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di belahan dunia lainnya. Seringkali hubungan manusia dengan manusia lainnya seperti hubungan antara majikan dengan budak.

’’Di era pandemi ini, ternyata Allah ingin mendekatkan semua negara dan semua manusia,’’ katanya dalam webinar Zakat dan Jurnalisme di Jakarta yang digelar secara virtual.

Menurut Noor Achmad, Covid-19 tidak pilih orang kaya atau miskin. Semuanya bisa tertular dan menularkan. Orang kaya juga bisa mati mendadak karena ketularan orang miskin. Pun sebaliknya, orang kaya juga bisa menularkan ke orang miskin. Bahkan negara superpower seperti Amerika Serikat saat ini sempoyongan menghadapi pandemi Covid-19 yang belum kunjung reda.

Untuk itu, Noor Achmad mengatakan di tengah pandemi seperti saat ini dibutuhkan satu kesatuan. Baik di tingkat global maupun nasional manusia harus Bersatu menghadapi pandemi. Menurut dia saat ini persatuan dan kesatuan umat manusia sangat penting.

Dalam kesempatan itu Noor Achmad juga menyampaikan pesan kepada para insan jurnalis tanah air. Diantaranya adalah dia meminta tolong supaya jurnalis ikut mengkampanyekan gerakan membantu masyarakat di tengah pandemi melalui zakat atau dana sosial lainnya.

Noor Achmad mengatakan penetrasi teknologi digital saat ini semakin kuat. Untuk itu bisa dimanfaatkan dalam sosialisasi zakat ke masyarakat. Kemudian juga untuk memudahkan para pembayar zakat atau muzakki menyalurkan zakatnya. Menurut dia dana zakat sangat berperan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dari aspek kesehatan maupun ekonomi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

3 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

5 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

5 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

5 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

5 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

5 hours ago