Categories: Nasional

Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes: Harus Turunkan Kurva Kasus!

KalbarOnline.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak masyarakat untuk lebih mau bekerja keras bersama dalam menghadapi penularan Covid-19 yang kini sudah mencapai 1 juta kasus. Menurutnya, untuk menurunkan kasus Covid-19, diperlukan kerja sama seluruh pihak.

’’Angka 1 juta ini memberikan satu indikasi bahwa seluruh rakyat Indonesia bersama pemerintah bekerja sama untuk atasi pandemi ini lebih keras lagi,’’ kata Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa (26/1).

Budi mengungkapkan semua ahli epidemiologi mengatakak padanya bahwa untuk mengatasi pandemi yakni dengan mengurangi laju penularan virus. ’’Istilah kerennya yang pasti udah liat di video-video beredar, flattening the curve,’’ tegasnya.

Menurut dia, dengan mengurangi laju penularan virusnya faskes kita tak terlalu berat bebannya sehingga kita punya waktu yang lebih banyak. Lalu bagaimana caranya?

Pertama, kata dia, masyarakat harus displin memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak. Menurutnya kehidupan pasca pandemi dan sebelum pandemi berbeda. ’’Dan ini sangat susah dan tidak bisa dilakukan seorang diri, pemerintah tanpa bersama-sama rakyat seluruh komponen bangsa bangun disiplin ini,’’ jelasnya.

Kedua, lanjutnya, Indonesia harus bekerja keras melakukan testing, tracing, dan isolasi mandiri. Dan tanggung jawabnya ada di Kemenkes untuk memastikan bahwa program testing dari rakyat yang diduga terkena agar bisa diidentifikasi dan mengurangi laju penularan.

’’Kita harus tracing juga kontak erat dari yang positif sehingga bisa kurangi laju penularan dan siapkan isolasi yang nyaman agar bisa sembuh tanpa menulari teman-teman yang lain untuk kurangi laju penularan,’’ jelasnya.

’’Saya percaya seluruh masyarakat Indonesia punya modal besar untuk melakukan ini. Dan seluruh modal sosial masyarakat Indonesia, saya yakin apapun masalahnya bisa kita atasi bersama,’’ harapnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Hendak Tawuran, Empat Remaja di Pontianak Diamankan Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Polisi mengamankan empat remaja berinisial FB (17 tahun), HP (17 tahun), RF…

36 mins ago

Dua Pria Kubu Raya Ditangkap, Hendak Edarkan 45 Paket Sabu ke Para Nelayan

KalbarOnline, Kubu Raya - Dua pria asal Kubu Raya, SS (31 tahun) dan AL (33…

1 hour ago

TP PKK Kayong Utara Raih Juara 3 Lomba Senam Kreasi di HKG ke 52 Tingkat Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Kayong Utara - Penjabat (Pj) Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten…

1 hour ago

Pria Paruh Baya Tewas Gantung Diri di Gang Baiduri Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Seorang pria paruh baya berinisial S (42 tahun) ditemukan tewas di dalam…

3 hours ago

Kasus Tipu Gelap Jual Beli Tanah Rp 2,3 M di Jalan Purnama Bergerak Maju Satu Langkah

KalbarOnline, Pontianak - Almarhum ayahanda Effendi mungkin akan tersenyum dari dalam kuburnya, karena perjuangannya menuntut…

3 hours ago

Windy Prihastari Umumkan Kabupaten Juara HKG PKK 2024 Tingkat Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Gelaran perhelatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-52 tingkat…

4 hours ago