by

Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes: Harus Turunkan Kurva Kasus!

KalbarOnline.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak masyarakat untuk lebih mau bekerja keras bersama dalam menghadapi penularan Covid-19 yang kini sudah mencapai 1 juta kasus. Menurutnya, untuk menurunkan kasus Covid-19, diperlukan kerja sama seluruh pihak.

’’Angka 1 juta ini memberikan satu indikasi bahwa seluruh rakyat Indonesia bersama pemerintah bekerja sama untuk atasi pandemi ini lebih keras lagi,’’ kata Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa (26/1).

Budi mengungkapkan semua ahli epidemiologi mengatakak padanya bahwa untuk mengatasi pandemi yakni dengan mengurangi laju penularan virus. ’’Istilah kerennya yang pasti udah liat di video-video beredar, flattening the curve,’’ tegasnya.

Menurut dia, dengan mengurangi laju penularan virusnya faskes kita tak terlalu berat bebannya sehingga kita punya waktu yang lebih banyak. Lalu bagaimana caranya?

Pertama, kata dia, masyarakat harus displin memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak. Menurutnya kehidupan pasca pandemi dan sebelum pandemi berbeda. ’’Dan ini sangat susah dan tidak bisa dilakukan seorang diri, pemerintah tanpa bersama-sama rakyat seluruh komponen bangsa bangun disiplin ini,’’ jelasnya.

Kedua, lanjutnya, Indonesia harus bekerja keras melakukan testing, tracing, dan isolasi mandiri. Dan tanggung jawabnya ada di Kemenkes untuk memastikan bahwa program testing dari rakyat yang diduga terkena agar bisa diidentifikasi dan mengurangi laju penularan.

’’Kita harus tracing juga kontak erat dari yang positif sehingga bisa kurangi laju penularan dan siapkan isolasi yang nyaman agar bisa sembuh tanpa menulari teman-teman yang lain untuk kurangi laju penularan,’’ jelasnya.

’’Saya percaya seluruh masyarakat Indonesia punya modal besar untuk melakukan ini. Dan seluruh modal sosial masyarakat Indonesia, saya yakin apapun masalahnya bisa kita atasi bersama,’’ harapnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed