Categories: Kabar

KPK Era Firli vs Agus Mana Lebih Garang? Mahfud Md Nilai Era OTT-nya Edhy Prabowo-Juliari dkk

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah kepemimpinan Firli Bahuri lebih bertaji dibandingkan periode sebelumnya.

Menurut Mahfud, hal itu terbukti dari tahun pertama kepemimpinan Firli dan kawan-kawan, KPK sudah bisa menangkap dua menteri Kabinet Indonesia Maju, Edhy Prabowo dan Juliari Batubara. Menurutnya, pencapaian serupa tidak dapat dilakukan di era kepemimpinan Agus Rahardjo cs di periode sebelumnya.

“Kalau mau kita objektif, tahun pertama KPK yang sekarang dibandingkan dengan tahun pertama KPK yang sebelumnya itu objektifnya jauh lebih banyak sekarang prestasinya,” kata Mahfud dalam diskusi virtual Dewan Pakar KAHMI bertajuk ‘Masalah Strategis Kebangsaan dan Solusinya’, yang digelar Senin (28/1/2020).

Mahfud mengatakan, pencapaian itu tidak dapat dilakukan Agus Rahardjo cs. Ia bahkan menyebut jika di tahun pertama kepemimpinannya, Agus cs tidak bisa melakukan hal serupa.

“Kita ingat Agus Rahardjo menjadi ketua KPK pertama bersama Saut [Situmorang] dan sebagainya itu tahun pertama enggak bisa berbuat apa-apa,” ujar dia.

“Ini sekarang setahun sudah bisa berani menangkap menteri, DPR, DPD, DPRD, bupati, wali kota juga ditangkapin juga. Udah lebih banyak saat ini sebenarnya,” kata Mahfud melanjutkan.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengaku heran jika saat ini masih banyak masyarakat yang menuding pemerintah turut melemahkan KPK.

Menurut dia, pemerintah selama ini tidak pernah ikut campur dalam penegakan hukum yang dilakukan komisi antirasuah itu. Ia juga memastikan bahwa KPK lembaga independen.

“KPK itu adalah lembaga di dalam rumpun eksekutif, tetapi bukan bagian dari lembaga eksekutif seperti KPU juga, Komnas HAM. Itu kan rumpunnya eksekutif tapi bukan bagian apalagi bawahan eksekutif,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Firli Bahuri dkk dilantik sebagai pimpinan KPK oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Desember 2019. Belum genap setahun kepemimpinannya, Firli Bahuri dkk berhasil menguak kasus dugaan korupsi dua menteri, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Edhy dan Juliari saat ini sudah tidak lagi menjabat sebagai menteri. Mereka menyandang status tersangka dan kini sedan menjalani proses penahanan. [ind]

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Sambil Mancing Ikan, Edi Kamtono Minta Doa Warga Kembali Jadi Walkot Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Mantan Wali Kota Pontianak incumbent, Edi Rusdi Kamtono menikmati weekend dengan memancing…

3 hours ago

Dinilai Tak “Orisinil”, KPU Klarifikasi Soal Polemik Karya Pemenang Lomba Cipta Jingle Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak memberikan klarifikasi terkait dugaan pemenang Lomba…

3 hours ago

Ketua Bawaslu Kapuas Hulu Lantik 64 Anggota Panwascam Pilkada 2024

KalbarOnline, Putussibau - Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Mustaan melantik sedikitnya 64 orang Panitia Pengawas…

3 hours ago

Polres Kubu Raya Amankan 6 Remaja Terlibat Tawuran di Sungai Raya

KalbarOnline, Kubu Raya - Tim Patroli Presisi Satuan Samapta Polres Kubu Raya mengamankan 5 remaja…

20 hours ago

Budi Perasetiyono Dipanggil ke Jakarta, Penjaringan Calon Kepala Daerah di Tingkat DPP PKB

KalbarOnline, Pontianak - Bakal calon Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Budi Perasetiyono yang telah mendaftar di…

21 hours ago

Polres Kapuas Hulu Ringkus Dua Pengedar Narkoba Lintas Kabupaten

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Satuan Resnarkoba Polres Kapuas Hulu berhasil meringkus dua orang pengedar sabu…

1 day ago