Categories: Nasional

Ibadah Natal Dipersingkat 1 Jam

KalbarOnline.com – Pelaksanaan ibadah Hari Natal akan menyesuaikan dengan situasi pandemi. Keuskupan Agung Jakarta, misalnya, mempersingkat waktu ibadah.

“Yang biasanya 2 jam, ini maksimal 1 jam saja,” kata Sekjen Keuskupan Agung Jakarta Romo Vincentius Adi Prasojo kemarin (21/12). Tahun ini, pihaknya sengaja menghindari istilah perayaan dan lebih menekankan pada peribadatan.

Dalam tata peribadatan, lanjut Adi, pihaknya selalu berkoordinasi serta memperhatikan arahan Kementerian Agama (Kemenag) dan Satgas Penanganan Covid-19. Jumlah jemaat yang hadir juga dibatasi menjadi 20 persen dari total kapasitas Gereja Katedral Jakarta. ’’Kalau arahan dari Kemenag 50 persen, ini kami lebih hati-hati 20 persen saja,’’ jelasnya.

Ibadah akan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan. Jemaat dibagi dua, yaitu mengikuti ibadah secara online dan offline. Ruang ibadat di gereja juga dipersiapkan khusus. Seluruh pelayan peribadatan dipastikan bebas Covid-19.

Baca juga: Berikut Panduan Ibadah Natal 2020 yang Dikeluarkan Menag

Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Jacklevyn Frits Manuputty mengungkapkan, pihaknya telah mengeluarkan imbauan pastoral terkait panduan pelaksanaan ibadah Natal 2020. Umat pun diharapkan tetap melaksanakan ibadat secara online. Jika dimungkinkan dilakukan secara offline di gereja masing-masing, harus dengan koordinasi satgas setempat. ’’Bisa dilakukan ibadah offline, tapi dengan protokol yang sangat ketat,’’ ujarnya.

Kemenag melalui Ditjen Bimas Kristen dan Ditjen Bimas Katolik sudah menyiapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah Natal.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pelaku Curanmor Depan Pangkas Rambut Pontianak Utara Ditangkap Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Satu pelaku pencurian sepeda motor di depan pangkas rambut Jalan Gusti Situt…

11 hours ago

Sujiwo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacabup Kubu Raya ke PDI Perjuangan

KalbarOnline, Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019 - 2024, Sujiwo secara resmi…

11 hours ago

KalbarOnline.com bersama Puluhan Pemred se Indonesia Teken Deklarasi ICEC

KalbarOnline, Palembang - Hari Pers Internasional atau World Press Freedom Day yang jatuh setiap tgl…

11 hours ago

Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat Ringkus Pencuri Sepeda Motor

KalbarOnline, Pontianak - Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat mengamankan seorang laki-laki bernama Roby (25 tahun)…

13 hours ago

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

20 hours ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

22 hours ago