Categories: Nasional

Begini Cara Polri Cegak Ricuh Saat Pilkada 2020

KalbarOnline.com – Polri mulai mengantisipasi potensi ricuh dalam Pilkada serentak 2020. Upaya-upaya mencegah kondisi itu terjadi sudah disiapkan. Mulai dari langkah preventif atau pencegahan.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, aparat akan menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat. Mereka akan diajakan untuk menyampaikan pesan damai kepada masyarakat.

“Kita menghubungi, koordinasi dengan semua masyarakat yaitu ada influencer yang ada, kita manfaatkan, kita ajak diskusi berkaitan dengan pilkada ini, karena kan tidak semua mengadakan pilkada di setiap provinsi,” kata Argo kepada wartawan, Sabtu (5/12).

Upaya edukasi terhadap masyarakat terkait jenis-jenis pelanggaran yang terjadi terus dilakukan. Masyarakat perlu dibangun kesadarannya supaya bisa bijak menanggapi ketika masalah muncul.

“Semua kita ajak untuk diskusi dan bagaimana pilkada ini bisa berjalan dengan baik. Tapi semua tetap bekerja, Polri tidak sendiri dibantu oleh TNI, dibantu stakeholder yang lain, kita semua berjalan dan kita juga menyampaikan aturan aturan yang ada, jangan dilanggar,” imbuh Argo.

Atas dasar itu, Polri meminta masyarakat tidak terlibat kericuhan saat pilkada berlangsung. Jika memang menemukan pelanggaran dalam pilkada, diminta menyelesaikannya melalui jalur yang disediakan oleh konstitusi.

“Jadi pesta ini kan milik kita bersama bukan milik kelompok. Kita bisa tunjukkan kepada negara lain yang tidak melakukan Pilkada,” pungkas Argo.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Jalan Rusak Parah, Ibu Asal Kendawangan Melahirkan di Tengah Jalan

KalbarOnline, Ketapang - Beratnya kondisi medan yang diakibatkan jalan rusak, membuat Raniah, seorang ibu asal…

14 mins ago

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

14 hours ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

15 hours ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

23 hours ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

23 hours ago

Wabup Ketapang Jadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Desa Mayak

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan (TMMD) TNI Manunggal Membangun…

23 hours ago