Categories: Sport

Lakukan Seleksi Nasional untuk Olimpiade 2020 sampai 2028

KalbarOnline.com – PP Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) sedang melangsungkan seleksi nasional (seleknas) untuk proyeksi Pra-Olimpiade 2021 hingga Olimpiade Paris 2024 dan Olimpiade Los Angeles 2028.

Seleksi yang bakal berakhir 24 Oktober hari ini baru bisa diselenggarakan karena beberapa kali mengalami penundaan. Apalagi, Jakarta yang menjadi tuan rumah kerap kali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang mana tidak bisa mengumpulkan banyak orang.

Pada ajang seleknas ini, terdapat 57 atlet yang berpartisipasi dari 19 pengurus provinsi (pengprov). Di antaranya, 36 putra dan 21 putri. ”Atlet yang bakal lolos sebanyak enam putra dan empat putri,” kata Ketua I PP FPTI Rudy Fitryano kepada Jawa Pos.

Rudy menyatakan, rata-rata atlet yang mengikuti seleksi berusia 15–17 tahun. Proyek jangka panjang menjadi konsen bagi induk olahraga panjat tebing Indonesia agar bisa terus mendapatkan atlet-atlet terbaik untuk wakil Merah Putih.

Meloloskan banyak atlet di Olimpiade Paris menjadi gol utama. Khususnya di nomor lead dan boulder yang hasilnya selama ini kurang maksimal.

Dalam seleknas tersebut, terdapat empat poin penilaian. Keterampilan memanjat yang diselenggarakan di Jakarta International Climbing Wall Park, Cakung, Jakarta Timur. Lalu, tes kesehatan di Royal Sport Senayan City. Selanjutnya, tes fisik berlokasi di Stadion Rawamangun. Terakhir, tes psikologi bertempat di Hotel Santika Premiere Harapan Indah.

Rudy menyebutkan, pemanjat yang nantinya lolos bakal bergabung dengan para atlet yang sudah lebih dulu tergabung di pemusatan latihan nasional (pelatnas). Sejauh ini atlet telah bekerja keras untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dan dalam kemampuan seimbang.

Di sisi lain, pemanjat Jawa Timur Rahmad Adi Mulyono yang saat ini sudah berada di pelatnas menilai, program ini sangat baik. ”Bagus karena buat jangka panjang buat lead dan boulder,” ucap Adi.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

13 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

15 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

15 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

15 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

15 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

15 hours ago