Categories: Sport

DPR Setujui Naturalisasi Empat Pemain Tim Nasional Indonesia

KalbarOnline.com-Komisi III DPR RI menyetujui permohonan Kemenpora atas pertimbangan pemberian status kewarganegaraan RI atau naturalisasi kepada Brandon Jawato dan Lester Prosper.

Selain dua pemain basket itu, pemain timnas basket putri, yakni Kimberly Pierre-Louis serta pemain Persija Jakarta Marc Anthony Klok menjadi atlet lain yang telah disetujui DPR RI untuk disahkan menjadi WNI.

“Komisi III dapat menyetujui pertimbangan permohonan WNI bagi Brandon Van Dorn Jawato, Kimberly Pierre-Louis, Lester Prosper, dan Marc Anthony Klok untuk selanjutnya diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir dalam rapat kerja virtual bersama Menpora Zainudin Amali, Menkumham Yasonna Laoly, serta Ketum PSSI dan Ketum PB Perbasi, Senin (5/10) seperti dikutip dari Antara.

Adies berharap upaya naturalisasi itu dapat meningkatkan prestasi basket dan sepak bola. Kehadiran Jawato dan Prosper diharapkan bisa membantu timnas basket putra agar lolos fase kualifikasi Piala Asia FIBA 2021. Sebelumnya, timnas menelan dua kekalahan yakni melawan Korea Selatan dan Filipina Februari lalu.

Skuad Garuda masih memiliki empat laga tersisa. Dua melawan Thailand, lalu Korsel, dan Filipina. Indonesia setidaknya harus menempati posisi 10 besar Piala Asia FIBA 2021 apabila ingin tampil di Piala Dunia FIBA 2023 sebagai tuan rumah.

Menpora Zainudin Amali yang hadir dalam rapat kerja tersebut menyampaikan terima kasih atas persetujuan yang diberikan. “Permohonan naturalisasi cabang basket ini mendesak karena kita akan jadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023. Dengan materi yang kita punya saat ini, terlalu berat untuk bisa lolos,” kata Zainudin. “Terima kasih saya sampaikan atas persetujuan semuanya,” tambah dia.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

TP PKK Pontianak Gelar Halal Bihalal

KalbarOnline, Pontianak - Masih dalam suasana Idul Fitri, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak menggelar…

12 hours ago

Usul Pekan Budaya LPM Jadi Agenda Tetap

KalbarOnline, Pontianak - Laskar Pemuda Melayu (LPM) Kalimantan Barat (Kalbar) bekerja sama dengan Pemerintah Kota…

12 hours ago

Ani Sofian Lantik Zulkarnain Jadi Pj Sekretaris Daerah Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian melantik Zulkarnain sebagai Pj Sekretaris Daerah…

12 hours ago

Dinkes Pontianak Ungkap Sejumlah Penyakit yang Berpotensi KLB Tahun Ini

KalbarOnline, Pontianak – Upaya pencegahan penyakit terus menjadi prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Dinas…

12 hours ago

Jumlah Jemaah Haji Asal Pontianak Terbanyak se-Kalbar, Termuda Berusia 20 tahun, Tertua 86 tahun

KalbarOnline, Pontianak - Jumlah jemaah haji dari Kota Pontianak mendominasi dari kabupaten/kota yang ada di…

12 hours ago

Bupati Ketapang Hadiri Acara Hari Ketiga Peresmian Balai Kepatihan Jaga Pati

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan menghadiri acara hari ketiga peresmian Balai Kepatihan Jaga…

15 hours ago