Categories: Internasional

Israel Dirikan Laboratorium, Lakukan Eksperimen Virus Covid-19 Aktif

KalbarOnline.com – Israel mendirikan laboratorium nasional untuk penelitian virus, termasuk eksperimen pada koronavirus hidup, demikian disampaikan para pendirinya, Universitas Ibrani Yerusalem dan Kementerian Pertahanan Israel, dalam sebuah pernyataan bersama pada Selasa (8/9).

Laboratorium itu, yang didanai oleh kementerian pertahanan dan keuangan Israel dengan biaya sekitar 4 juta shekel baru Israel (1 shekel baru = Rp4.367) atau setara 1,18 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp14.798), dilengkapi dengan sistem penyimpanan sampel biologis, robot-robot yang menangani sampel virus hidup, sistem analisis antibodi, alat sentrifugal, reagen, dan perangkat pencitraan canggih.

Laboratorium itu juga memiliki sistem penyejuk udara khusus, yang beroperasi pada tekanan udara rendah untuk mencegah kemungkinan kebocoran.

Bagian pertama laboratorium, yang digunakan untuk pemrosesan virus dan jaringan, telah dibuka, sementara bagian lain untuk memproses sampel biologis yang terinfeksi akan dibuka pada November.

“Bahkan setelah krisis Covid-19 berakhir, laboratorium itu dapat membuat Israel berada di garis depan dalam penelitian patogen, dan memungkinkan pengujian tindakan untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit-penyakit yang mengancam jiwa lainnya, termasuk epidemi di masa depan,” kata Nadav Cohen, kepala penelitian dan unit infrastruktur teknologi di Administrasi Pengembangan Senjata dan Infrastruktur Teknologi di Kementerian Pertahanan Israel, seperti dilansir Antara dari Xinhua. (*)

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Kepolisian Selidiki Potongan Tubuh Manusia di Selokan Jalan Danau Sentarum

KalbarOnline, Pontianak - Potongan tubuh manusia ditemukan dalam selokan di Jalan Danau Sentarum, Kota Pontianak,…

11 mins ago

Pesona Pantai Temajuk: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Sambas - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak destinasi wisata bahari menakjubkan.…

20 mins ago

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Ampan: Destinasi Mendaki yang Memikat

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Apakah Anda ingin merasakan sensasi mendaki namun masih pemula? Bukit Ampan…

22 mins ago

Keindahan Danau Balairam: Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Kalimantan Barat dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, salah satunya…

24 mins ago

Pemerintah Sosialisasikan Peraturan Bupati Ketapang Nomor 19 Tahun 2022

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang, Heryandi membuka sosialisasi…

36 mins ago

Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Serahkan SK ke 894 PPPK Formasi 2023

KalbarOnline, Ketapang - Bupati Ketapang, Martin Rantan bersama Wakil Bupati Ketapang, Farhan menyerahkan Surat Keputusan…

38 mins ago