Categories: Sekadau

Ribuan Umat Muslim Sekadau Sambut Meriah Pembukaan Maulid Tradisional

KalbarOnline, Sekadau – Ribuan umat muslim Kabupaten Sekadau berbondong-bondong dari berbagai kecamatan mendatangi Masjid Al-Muhtadin Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad 1440 Hijriah sekaligus pembukaan maulid tradisional yang dilaksanakan selama empat bulan kedepan, Selasa (20/11/2018).

Kegiatan dibuka langsung oleh Sekda Kabupaten Sekadau, Drs. H. Zakaria Umar, M.Si, juga ditandai pemukulan gendang oleh KH. Tairman Elon, SH., MH sebagai pimpinan pondok pesantren Shohibul Muslimin Banten yang dihadirkan pada pembukaan Maulid kali ini.

Sekda Sekadau, Zakaria menuturkan pemerintah daerah sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif dalam rangka membina iman umat muslim di Kabupaten Sekadau.

“Dengan kegiatan ini umat semakin dekat dengan Allah. Disamping itu juga untuk membina Ukhuwah Islamiyah. Islam dengan negara, muslim dengan umat beragama lainnya,” ujarnya.

Sementara Koordinator Bidang Maulid Tradisonal Majelis Ta’lim Al-Barjanzi Maulid Tradisional (MTAMT) Ketua Satu, Drs. Zakasi Efendi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut disemarakan dengan berbagai kegiatan yang begitu disambut antusias masyarakat.

Gunting rambut bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Sekadau. Kemudian diisi dengan berbagai ceramah Kiyai asal Sekadau.

“Kegiatan ini semata-mata untuk mengekspresikan tentang nilai-nilai akhlak dan budi pekerti Nabi Muhammad dalam kehidupan. Mencintai Nabi Muhammad dengan bershalawat melalui Maulid Tradisional Al Barzanji,” ujarnya.

“Ini merupakan pembukaan Maulid Nabi tingkat Kabupaten. Sekali lagi kami apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak dan kepada jajaran kepolisian yang sudah berpartisipasi mengawal kegiatan tersebut,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Sekadau, Camat Sekadau Hilir, H. Safi’i Yanto, Kepala Desa Sungai Ringin, Abdul Hamid, Anggota DPRD, Herman Abu Bakar, Ketua MUI Sekadau, tokoh masyarakat, tokoh agama serta organisasi Islam yang ada di Kabupaten Sekadau. (Mus)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

TP PKK Pontianak Gelar Halal Bihalal

KalbarOnline, Pontianak - Masih dalam suasana Idul Fitri, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak menggelar…

3 hours ago

Usul Pekan Budaya LPM Jadi Agenda Tetap

KalbarOnline, Pontianak - Laskar Pemuda Melayu (LPM) Kalimantan Barat (Kalbar) bekerja sama dengan Pemerintah Kota…

3 hours ago

Ani Sofian Lantik Zulkarnain Jadi Pj Sekretaris Daerah Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian melantik Zulkarnain sebagai Pj Sekretaris Daerah…

3 hours ago

Dinkes Pontianak Ungkap Sejumlah Penyakit yang Berpotensi KLB Tahun Ini

KalbarOnline, Pontianak – Upaya pencegahan penyakit terus menjadi prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Dinas…

3 hours ago

Jumlah Jemaah Haji Asal Pontianak Terbanyak se-Kalbar, Termuda Berusia 20 tahun, Tertua 86 tahun

KalbarOnline, Pontianak - Jumlah jemaah haji dari Kota Pontianak mendominasi dari kabupaten/kota yang ada di…

3 hours ago

Bupati Ketapang Hadiri Acara Hari Ketiga Peresmian Balai Kepatihan Jaga Pati

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan menghadiri acara hari ketiga peresmian Balai Kepatihan Jaga…

5 hours ago