Categories: Melawi

Bangun Karakter Bangsa, Satgas TMMD Kodim 1205/Stg Tinggal Bersama Warga

KalbarOnline, Melawi – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1205/Sintang yang digelar di Desa Tanjung Pauh, Kecamatan Pinoh Utara, telah resmi dibuka oleh Bupati Melawi, Panji pada Senin (15/10/2018) kemarin.

Ada hal menarik yang dilakukan oleh anggota Satuan Tugas TMMD ke-103 tahun anggaran 2018 Kodim 1205/Sintang, mereka menempati rumah warga masyarakat yang berada di sekitar lokasi kegiatan TMMD.

Dengan dibekali segala kebutuhan yang diperlukan, Satgas TMMD tinggal sementara di rumah warga masyarakat selama pelaksanaan kegiatan TMMD berlangsung. Tidak hanya sekedar tinggal dirumah warga bahkan makan dan tidur pun bersama masyarakat Desa Tanjung Pauh.

Dikatakan oleh Komandan Kodim (Dandim) 1205/Stg, Letnan Kolonel Inf Rachmat Basuki, selaku Dansatgas TMMD ke-103, hal tersebut bertujuan untuk mendekatkan diri dengan warga masyarakat agar tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Rakyat adalah ibu kandung TNI, jadi wajar kalau mereka kesini tinggal bersama warga,” tutur Dandim 1205/Sintang.

Dandim 1205/Stg, lebih lanjut menjelaskan bahwa tujuan utama TMMD tidak hanya membangun secara fisik saja. Tetapi juga membangun karakter masyarakat yang menjadi sasaran dari program TMMD.

Dikatakannya juga usai melaksanakan kegiatan pembangunan fisik satgas TMMD bisa memberikan penyuluhan-penyuluhan pada masyarakat. Ataupun bisa dengan mengajak warga untuk ikut bergotong royong dalam kegiatan.

“Salah satu karakter bangsa kita adalah semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan, program TMMD diharapkan mampu menggelorakan semangat itu kembali,” pungkas Dandim 1205/Stg. (*/ian)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

6 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

8 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

8 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

8 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

8 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

8 hours ago