Bangun Karakter Bangsa, Satgas TMMD Kodim 1205/Stg Tinggal Bersama Warga

Satgas TMMD Kodim 1205/Stg tinggal bersama warga selama pelaksanaan TMMD ke-103 berlangsung
Satgas TMMD Kodim 1205/Stg tinggal bersama warga selama pelaksanaan TMMD ke-103 berlangsung (Foto: */ian)

KalbarOnline, Melawi – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1205/Sintang yang digelar di Desa Tanjung Pauh, Kecamatan Pinoh Utara, telah resmi dibuka oleh Bupati Melawi, Panji pada Senin (15/10/2018) kemarin.

Ada hal menarik yang dilakukan oleh anggota Satuan Tugas TMMD ke-103 tahun anggaran 2018 Kodim 1205/Sintang, mereka menempati rumah warga masyarakat yang berada di sekitar lokasi kegiatan TMMD.

Dengan dibekali segala kebutuhan yang diperlukan, Satgas TMMD tinggal sementara di rumah warga masyarakat selama pelaksanaan kegiatan TMMD berlangsung. Tidak hanya sekedar tinggal dirumah warga bahkan makan dan tidur pun bersama masyarakat Desa Tanjung Pauh.

Dikatakan oleh Komandan Kodim (Dandim) 1205/Stg, Letnan Kolonel Inf Rachmat Basuki, selaku Dansatgas TMMD ke-103, hal tersebut bertujuan untuk mendekatkan diri dengan warga masyarakat agar tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Rakyat adalah ibu kandung TNI, jadi wajar kalau mereka kesini tinggal bersama warga,” tutur Dandim 1205/Sintang.

Dandim 1205/Stg, lebih lanjut menjelaskan bahwa tujuan utama TMMD tidak hanya membangun secara fisik saja. Tetapi juga membangun karakter masyarakat yang menjadi sasaran dari program TMMD.

Dikatakannya juga usai melaksanakan kegiatan pembangunan fisik satgas TMMD bisa memberikan penyuluhan-penyuluhan pada masyarakat. Ataupun bisa dengan mengajak warga untuk ikut bergotong royong dalam kegiatan.

“Salah satu karakter bangsa kita adalah semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan, program TMMD diharapkan mampu menggelorakan semangat itu kembali,” pungkas Dandim 1205/Stg. (*/ian)

Tinggalkan Komentar