Categories: Sekadau

Gelar FGD, Polres Sekadau Bahas Tiga Isu Strategis Jelang Pemilu 2019

KalbarOnline, Sekadau – Polres Sekadau melalui Sat Binmas menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai penanggulangan karhutla, saber pungli dan komunikasi informasi dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019 yang berlangsung di gedung Kateketik Sekadau, Kamis (13/9/2018).

Kegiatan tersebut menghadirkan Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Kepolisian Resor Sekadau, Ketua DPRD Albertus Pinus, Kajari Andri Irawan, SKPD terkait, sejumlah Kepala Desa, partai politik, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan dan tokoh agama.

Membuka kegiatan, Wakapolres Sekadau, Kompol Onisimus Umbu Sairo, S.IK yang juga Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Sekadau mengatakan FGD ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman lebih dalam kepada aparat pemerintahan tentang saber pungli.

“Seperti yang diketahui beberapa lalu ada kasus OTT, untuk itu kita kembali ingatkan kepada aparatur pemerintahan agar memahami dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Tidak hanya saber pungli, kita juga diskusikan tenang pencegahan karhutla, dan komunikasi informasi jelang pemilu 2019,” ujarnya.

Kasat Binmas Polres Sekadau, Iptu Masdar menjelaskan bahwa jumlah kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2018 meningkat dari tahun sebelumnya, saat ini sedang dilakukan penyidikan terhadap para pembakar lahan.

Sat Intelkam Polres Sekadau memaparkan potensi kerawanan Pemilu yang diprediksi akan muncul dalam tiap tahapannya, mulai dari pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, pencalonan, kampanye, masa tenang, pemungutan, penghitungan serta rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Sementara Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sekadau, Zulfitriansyah memaparkan tentang program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), hasil yang sudah dicapai serta kendala dalam pelaksanaannya, sebagai gambaran kepada peserta bahwa dalam pelaksanaannya bersih dari pungli.

Secara garis besar, Wakapolres Sekadau Kompol Onisimus Umbu Sairo, S.IK selaku narasumber sekaligus ketua saber pungli menjelaskan definisi, unsur, dan perbuatan yang masuk dalam kategori pungli, diselingi diskusi dan tanya jawab. (*/Mus)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Begini Kronologi Kecelakaan Maut Bus PT Cargill yang Tewaskan Pengendara Motor di Marau

KalbarOnline, Ketapang - Seorang saksi mata mengungkapkan bagaimana kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus sekolah…

2 hours ago

Ini Daftar 65 Anggota Dewan Kalbar Terpilih Hasil Pemilu 2024

KalbarOnline, Pontianak - KPU Provinsi Kalbar telah menetapkan sebanyak 65 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah…

3 hours ago

Pria Berusia 69 Tahun di Wajok Hulu Mempawah Hilang Saat Pergi di Kebun

KalbarOnline, Mempawah - Seorang pria berusia 69 tahun bernama Usman bin Agus hilang saat pergi…

3 hours ago

Sinergi Kemendikbudristek dan Pemerintah Daerah, Bangun Ekosistem Pendidikan Digital

KalbarOnline, Bandung - Dalam rangka memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah terkait pemanfaatan platform teknologi pendidikan…

3 hours ago

Pemkot Pontianak Komitmen Laksanakan PPDB Secara Objektif, Transparan dan Akuntabel

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menjelaskan, pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru…

3 hours ago

Pemkot Pontianak Komitmen Tolak Pungli

KalbarOnline, Pontianak - Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Yusnaldi menerangkan,…

3 hours ago