Gelar FGD, Polres Sekadau Bahas Tiga Isu Strategis Jelang Pemilu 2019

Gelar FGD, Polres Sekadau Bahas Tiga Isu Strategis Jelang Pemilu 2019
Wakapolres Sekadau, Kompol Onisimus Umbu Sairo menyampaikan sambutannya dalam FGD bersama unsur forkopimda Sekadau jelang Pemilu 2019 (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Polres Sekadau melalui Sat Binmas menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai penanggulangan karhutla, saber pungli dan komunikasi informasi dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019 yang berlangsung di gedung Kateketik Sekadau, Kamis (13/9/2018).

Kegiatan tersebut menghadirkan Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Kepolisian Resor Sekadau, Ketua DPRD Albertus Pinus, Kajari Andri Irawan, SKPD terkait, sejumlah Kepala Desa, partai politik, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan dan tokoh agama.

Membuka kegiatan, Wakapolres Sekadau, Kompol Onisimus Umbu Sairo, S.IK yang juga Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Sekadau mengatakan FGD ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman lebih dalam kepada aparat pemerintahan tentang saber pungli.

“Seperti yang diketahui beberapa lalu ada kasus OTT, untuk itu kita kembali ingatkan kepada aparatur pemerintahan agar memahami dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Tidak hanya saber pungli, kita juga diskusikan tenang pencegahan karhutla, dan komunikasi informasi jelang pemilu 2019,” ujarnya.

Kasat Binmas Polres Sekadau, Iptu Masdar menjelaskan bahwa jumlah kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2018 meningkat dari tahun sebelumnya, saat ini sedang dilakukan penyidikan terhadap para pembakar lahan.

Sat Intelkam Polres Sekadau memaparkan potensi kerawanan Pemilu yang diprediksi akan muncul dalam tiap tahapannya, mulai dari pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, pencalonan, kampanye, masa tenang, pemungutan, penghitungan serta rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Sementara Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sekadau, Zulfitriansyah memaparkan tentang program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), hasil yang sudah dicapai serta kendala dalam pelaksanaannya, sebagai gambaran kepada peserta bahwa dalam pelaksanaannya bersih dari pungli.

Secara garis besar, Wakapolres Sekadau Kompol Onisimus Umbu Sairo, S.IK selaku narasumber sekaligus ketua saber pungli menjelaskan definisi, unsur, dan perbuatan yang masuk dalam kategori pungli, diselingi diskusi dan tanya jawab. (*/Mus)

Tinggalkan Komentar