Categories: Pontianak

Terus Berupaya Tanggulangi Karhutla, Kapolda: Selebihnya Kita Kembalikan Kepada Tuhan

Penyerahan bantuan selang pemadam

KalbarOnline, Pontianak – Guna membantu kelancaran operasional pemadaman api akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs. Didi Haryono, SH., MH menyerahkan alat selang pemadam. Penyerahan dilakukan secara simbolis dari pemadam swasta diberikan kepada Manggala Agni yang berlangsung di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak, Kamis (23/8/2018).

Penyerahan alat selang pemadam ini juga dihadiri oleh Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Sri Handayani dan Rektor Universitas Tanjungpura (Untan), Prof. Dr. H. Thamrin Usman, D.E.A.

“Dalam penyerahan ini sebanyak 200 alat selang pemadam langsung secara resmi diserahkan kepada perwakilan Manggala Agni,” kata Kapolda.

Jenderal bintang dua ini menjelaskan jajaranya berusaha terus menerus melakukan pemadaman akibat kebakaran lahan, hutan, gambut dan pekarangan.

“Kami sudah berusaha dalam hal apapun namun kita kembalikan lagi kepada Tuhan untuk meminta hujan dan juga kita tetap berusaha dalam menanggulangi bencana ini dengan cara menghambat kebakaran lahan dengan menggunakan Water Bombing dan penyemprotan. Selain itu kita juga sudah menangkap 12 orang dari 14 tempat kejadian perkara,” ungkapnya.

Kapolda juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerjunkan dua kompi yang didalamnya ada Pleton Polisi Wanita (Polwak) yang tersebar disejumlah titik diantaranya di Rasau, Sungai Raya Dalam dan di area kampus Untan guna menanggulangi karhutla.

Kapolda juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kalbar untuk menggunakan masker ketika bepergian.

“Jangan keluar yang tidak begitu penting. Apabila keluar gunakan masker dan mari kita berdoa bersama agar turunnya hujan dan saya harap dalam menanggulangi ini jangan sampai ada korban jiwa dalam Karhutla,” tandasnya. (*/ian)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Pelaku Curanmor Depan Pangkas Rambut Pontianak Utara Ditangkap Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Satu pelaku pencurian sepeda motor di depan pangkas rambut Jalan Gusti Situt…

10 hours ago

Sujiwo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacabup Kubu Raya ke PDI Perjuangan

KalbarOnline, Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019 - 2024, Sujiwo secara resmi…

10 hours ago

KalbarOnline.com bersama Puluhan Pemred se Indonesia Teken Deklarasi ICEC

KalbarOnline, Palembang - Hari Pers Internasional atau World Press Freedom Day yang jatuh setiap tgl…

10 hours ago

Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat Ringkus Pencuri Sepeda Motor

KalbarOnline, Pontianak - Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat mengamankan seorang laki-laki bernama Roby (25 tahun)…

12 hours ago

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

19 hours ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

21 hours ago