Categories: Ketapang

Camat Muara Pawan Imbau Warga Tak Bakar Lahan dan Tangkap Ikan Dengan Melanggar Aturan

KalbarOnline, Ketapang – Untuk mengantisipasi agar kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tak terjadi, Camat Muara Pawan, Maisier, SE mengimbau warga untuk waspada serta tidak melakukan pembakaran lahan.

Hal itu diingatkannya karena di kecamatan Muara Pawan terdapat beberapa Desa yang rentan terjadinya Karhutla. Untuk itu warga terutama yang mempunyai lahan, agar lebih berhati-hati.

“Masyarakat kita imbau untuk lebih waspada agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi. Karena kondisi cuaca di Kota Dumai mulai memasuki musim panas dan kemarau,” ujarnya kepada KalbarOnline, Jum’at (22/6).

Selain itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka kebun dengan cara membakar. Sebab dampak yang diakibatkan dapat merugikan seluruh masyarakat.

“Untuk itu, bagi masyarakat yang memiliki lahan agar lebih waspada,” jelasnya.

Terkait adanya aktivitas warga yang melakukan penangkapan ikan dengan cara terlarang di sungai pawan, Camat Muara Pawan sangat prihatin prihatin dengan kondisi tersebut.

“Kita imbau agar masyarakat  tidak menangkap ikan dengan cara yang melanggar hukum, seperti mengunakan bom, setrum listrik, dan racun (putas) dan sebagainya,” ujar Maisier.

Lebih lanjut, ia juga berharapkan kepada ketua RT dan RW , Kepala Dusun dan  Kepala Desa di Kecamatan Muara Pawan agar dapat melakukan pencegahan dan memantau aktifitas warganya di masing-masing Desa.

“Jika masih ada masyarakat yang melakukan penangkapan ikan mengunakan alat terlarang dan melakukan pembakaran lahan, maka siap saja mereka kena sanksi dan bisa terkena pidana kurungan penjara,” Pungkasnya. (Adi LC)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: 231 Prestasi Sutarmidji236 Penghargaan Sutarmidji236 Prestasi Sutarmidji6 Temuan Sutarmidji setelah Keliling KalbarBertemu Dengan Berbagai OrmasBuka Kegiatan Pekan Pemuda Daerah GKII dan GAMKI se – KetungauBupati Jarot: Sebagai Penguatan Karakter KeimananBupati Jarot: Tetap Jaga Persatuan dan KesatuanCamat Muara Pawan Imbau Warga Tak Bakar Lahan dan Tangkap Ikan Dengan Melanggar AturanCoblos nomor 3Dialogis Dengan Masyarakat SelakauDihadapan Puluhan Ribu Massa Kampanye AkbarErry: Sutarmidji – Ria Norsan Dwi Tunggal KalbarGubernur Kalbar 2018Hadiri Pernikahan Warga Pemangkat SambasHampir Seluruh ASN HadirHari Pertama KerjaHari Pertama Masuk Kerja Pasca Cuti Bersama LebaranIngin SejahteraJarot: Anak muda harus siap hadapi kemajuan suatu daerahJika TerpilihKalbar BaruKalbar Baru Untuk SemuaKampanye Akbar Midji - Norsan di SambasLakukan pemerataan pembangunan yang berlandaskan keadilanMasih Ada PNS di Ketapang Tak NgantorMasyarakat Kalbar Coblos Nomor 3Masyarakat Sambas Bulatkan Hati ke Midji – NorsanMasyarakat Sambas Sebut Kehadiran Midji – Norsan Merupakan KeberkahanMasyarakat Sejangkung Serahkan Suara Sepenuhnya Untuk Midji – NorsanMidji - NorsanMidji-Norsan Akan Gratiskan Pendidikan Hingga SMAPemkab KKR Gelar ApelPilgub Kalbar 2018Pjs Walikota Pontianak : Bersama Kita Jaga Situasi Kondusif Jelang Pilkada SerentakRia NorsanRusman Ali: PNS Jangan Lagi Tambah LiburSafari Midji - Norsan di SambasSafari Ramadhan di SambasSafari Ramadhan ke SambasSafari Ramadhan Midji - Norsan di SambasSenang Bisa Bertemu langsung dengan SutarmidjiSidak Hari Pertama Masuk Kerja Pasca Cuti Bersama LebaranSoekarno – Hatta Dwi Tunggal IndonesiaSutarmidjiSutarmidji - Ria NorsanSutarmidji - Ria Norsan Nomor 3Sutarmidji 4 KalbarSutarmidji Ajak Masyarakat Kembali pada Al-QuranSutarmidji Doakan Ini Kepada MempelaiSutarmidji Hadir Dalam Perayaan Isra Miraj di SambasSutarmidji Komitmen Akan Tularkan Prestasi di Pontianak ke Seluruh KalbarSutarmidji: Mari Kita Kembalikan Marwah SambasSutarmidji: Saya Kukuhkan Sebagai Relawan Midji – NorsanTutup Turnamen Sepakbola Gawai CupVisi Misi Midji - Norsan

Recent Posts

Peringatan HUT Ke 10 IKAWATI Kantor Wilayah BPN Kalimantan Barat dan Hari Kartini Sukses Digelar

KalbarOnline.com, Pontianak - Jumat, 26 April 2024, Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kantor Wilayah…

33 mins ago

Menteri AHY: Saya Tidak Ikhlas jika Ada Tanah Rumah Ibadah Dirampas Mafia Tanah

KalbarOnline.com, Gowa - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)…

1 hour ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan untuk 30 Muslimah Tangguh di Kalimantan Selatan

KalbarOnline, Banjarbaru - Dengan semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

10 hours ago

Harisson Tegaskan Tidak Akan Maju Pilkada 2024

KalbarOnline, Pontianak - Di tengah ramainya isu sejumlah penjabat kepala daerah di beberapa provinsi dan…

13 hours ago

Atlet PPLP Kalbar Raih Prestasi Terbaik di Ajang Atletik Internasional Dubai

KalbarOnline, Pontianak - Atlet binaan kawah candradimuka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) Dinas Kepemudaan,…

14 hours ago

Pasar Bodok Membara, 25 Ruko Luluh Lantak Dalam Semalam

KalbarOnline, Pontianak - Kebakaran hebat menghantam Pasar Bodok, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat…

16 hours ago