Categories: Kayong UtaraPontianak

Midji – Norsan Akan Bangun Pabrik Olahan Kelapa dan Kuatkan Peran Koperasi Hasil Pertanian

Safari Kampanye di Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara, Pontianak – Masih dalam lawatan safari kampanye paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji – Ria Norsan di Kabupaten Kayong Utara.

Para petani di Kabupaten Koyang Utara (KKU) menyambut penuh gembira dengan solusi yang akan dilakukan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji – Ria Norsan dalam meningkatkan kesejahteraan para petani di Kayong Utara jika paslon nomor urut 3 (tiga) ini terpilih memimpin Kalbar.

Salah satu solusi yang akan dilakukan Midji – Norsan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani Kayong Utara khususnya petani kelapa, yakni akan membangun pabrik pengolahan kelapa dan pembuatan koperasi petani kelapa dan karet.

Bagi Midji – Norsan, sebagai salah satu daerah penghasil buah kelapa terbesar di Kalbar, harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Agar produksi kelapa dan pendapatan para petani dari penjualan kelapa tersebut meningkat.

“Upaya membantu petani di Kayong Utara yakni dengan membangun pabrik pengolahan kelapa dan membuat koperasi-koperasi hasil produksi pertanian. Sebab saya menerima keluhan bahwa disini masih jarang koperasi untuk para petani dan belum ada pabrik pengolah kelapa sendiri,” ujar Cawagub nomor urut 3 (tiga), Ria Norsan dalam paparannya pada kampanye dialogis dengan masyarakat di Kecamatan Simpang Hilir, Teluk Melano, Kayong Utara, Senin (19/3).

Menurut Ria Norsan, permintaan akan kelapa di Indonesia cukup besar.

“Kelapa asal Kabupaten Kayong Utara merupakan salah satu pemasoknya. Banyak pengepul membawa kelapa ke pulau Jawa. Kalau potensi kelapa di Kayong Utara ini kita optimalkan, tentu masyarakat petani Kayong bisa sejahtera,” tukasnya.

Lanjut Norsan, tak hanya kepala, potensi karet di Kayong Utara juga sangat besar untuk dikembangkan.

“Sehingga dengan keberadaan koperasi yang mewadahi hasil kebun masyarakat menjadi sebuah keharusan yang akan kita wujudkan,” tegasnya.

Setelah mendengar program-program pengoptimalan sektor pertanian yang akan dilakukan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut tiga, Midji-Norsan, Nadiansyah (42) salah seorang petani kelapa mengungkapkan rasa gembiranya.

Ia menilai, pasangan Midji-Norsan serius untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kayong Utara khususnya kaum tani.

Menurut Nadiasnyah, keberadaan pabrik pengolahan kelapa di KKU sudah menjadi sebuah kebutuhan. Selain sebagai solusi untuk meningkatkan pendapatan para petani kelapa, juga untuk mempermudah pemasaran dan penjualan.

“Disamping itu juga akan menciptakan lapangan kerja baru. Selain dibantu dengan sarana-prasarana, para petani di Kayong Utara juga sangat berharap agar Midji-Norsan jika terpilih memimpin Kalbar, melalui instansinya dan kerjasama dengan pemda kabupaten/kota melakukan pembinaan terhadap petani di Kalbar khususnya di Kayong Utara. Sehingga kemampuan petani tidak hanya bisa menanam dan memanen, tapi bisa berwirausaha dari hasil pertaniannya sendiri,” pinta Nadiansyah.

Sebab, menurutnya, hingga saat ini belum ada pembinaan terhadap para petani kelapa maupun karet.

“Kami berharap Pak Sutarmidji dan Pak Ria Norsan bisa membantu meningkatkan keterampilan kaum tani. Agar nanti para petani juga bisa berwirausaha dari hasil pertanian kami sendiri. Kami yakin kalau potensi kelapa dan karet di Kayong Utara dimaksimalkan, bisa menjadi komoditas unggulan di Kalbar dan bisa memberi kesejahteraan bagi petani dan sumbangan bagi PAD Kayong Utara,” pungkasnya. (MCMN)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: AskimanBang Midji Banyak Terima Aspirasi MasyarakatBantah Kehadiran Karolin – Gidot di Keraton Alwatzikhoebillah Sambas Sebagai Bentuk DukunganBerita BengkayangBerita Hari IniBerita InternasionalBerita Kapuas HuluBerita Kayong UtaraBerita KetapangBerita Kubu RayaBerita LandakBerita MelawiBerita MempawahBerita Nanga PinohBerita NasionalBerita OnlineBerita PontianakBerita SambasBerita SanggauBerita SekadauBerita SingkawangBerita SintangBerita TerkiniBerita Terkini Hari IniBupati SintangDialog dengan Warga PelosokDidukung Warga Dayak MelawiEdi - BahasanEdi 4 PontianakEdi KamtonoIni AlasannyaIni Penegasan Midji – NorsanIni Program Yang Akan Dilaksanakan Sutarmidji Terkait KarhutlaIni Program Yang Ditawarkan Midji – Norsan Kepada PetaniJarot WinarnoKalimantan BaratKampanye Dialogis di Kecamatan Simpang Hilir Kayong UtaraKampanye Dialogis di SepontiKampanye Dialogis di Seponti Kayong UtaraKapuas HuluKerabat Istana: Tamu Datang Silaturahmi Wajib Kita TerimaKomitmen Tekan KarhutlaLawatan Kampanye Dialogis di MelawiMasyarakat Doakan Midji – Norsan Pimpin KalbarMasyarakat Pelosok Curhat Persoalan Jalan dan Listrik Pada Sutarmidji – Ria NorsanMasyarakat Tanah Pinoh Kota Baru Siap Menangkan Midji NorsanMedia Online KalbarMedia Online Kalimantan BaratMidji – Norsan Akan Bangun Pabrik Olahan Kelapa dan Kuatkan Peran Koperasi Hasil PertanianMidji Norsan Akan Benahi Infrastruktur Jalan Rusak se – KalbarMidji Norsan Semakin Bergairah Wujudkan Kalbar BaruMidji-Norsan Akan Wujudkan Tiga Program Unggulan dan Perbanyak Tower BTSMidji-Norsan Banyak Serap Aspirasi MasyarakatMidji-Norsan Komitmen Berantas Sampai ke AkarnyaMidji-Norsan tegaskan visi-misi dan program paslon nomor urut 3 sejalan dengan kebutuhan masyarakat KalbarMidji-Norsan tegaskan visi-misi dan programnya sejalan dengan kebutuhan masyarakat KalbarMuda-JiwoMulai Dari Infrastruktur Hingga PendidikanPemerintah Kabupaten SintangPemerintah Kota PontianakPengadaan pupuk dan bibit unggul serta penguatan peran BUMDesPilbup Kayong Utara 2018Pilbup Kubu Raya 2018Pilbup Mempawah 2018Pilbup Sanggau 2018Pilgub Kalbar 2018Pilkada Kayong Utara 2018Pilkada Kubu Raya 2018Pilkada Mempawah 2018Pilkada Sanggau 2018Pilkada Serentak 2018Rahmad Satria – RidwanRahmad Satria 4 MempawahRelawan Multi Persatuan Midji-Norsan Sosialisasi Door To DoorSafari Kampanye di Kayong UtaraSerap Keluhan Masyarakat Terkait Peredaran NarkobaSosialisasikan program-program paslon Midji - NorsanSutarmidjiSutarmidji - Ria NorsanSutarmidji 4 KalbarSutarmidji Banyak Terima Aspirasi MasyarakatTempuh Jalur Air Kampanye ke Kayong Utara dan KetapangTempuh Jalur Air Menuju Kayong Utara dan KetapangWakil Bupati SintangWakil Wali Kota PontianakWali Kota PontianakWarga Curhat Terkait Infrastruktur Hingga Pendidikan

Recent Posts

Pria Paruh Baya Tewas Gantung Diri di Gang Baiduri Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Seorang pria paruh baya berinisial S (42 tahun) ditemukan tewas di dalam…

1 hour ago

Kasus Tipu Gelap Jual Beli Tanah Rp 2,3 M di Jalan Purnama Bergerak Maju Satu Langkah

KalbarOnline, Pontianak - Almarhum ayahanda Effendi mungkin akan tersenyum dari dalam kuburnya, karena perjuangannya menuntut…

2 hours ago

Windy Prihastari Umumkan Kabupaten Juara HKG PKK 2024 Tingkat Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Gelaran perhelatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-52 tingkat…

2 hours ago

Pukulan Rebana Jadi Tanda Dimulainya MTQ ke XXXII Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)…

3 hours ago

Menteri AHY Serahkan Piala Bergilir Kompetisi Proliga 2024

KalbarOnline.com, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

3 hours ago

Perawatan Kaki pada Penderita Diabetes

KalbarOnline, Pontianak – Kaki merupakan bagian tubuh yang rentan mengalami luka, terutama jika kondisi kulit…

3 hours ago