Midji – Norsan Akan Bangun Pabrik Olahan Kelapa dan Kuatkan Peran Koperasi Hasil Pertanian

Calon Wakil Gubernur Kalbar Nomor Urut Tiga, Ria Norsan, Menyampaikan Paparannya Saat Kampanye Dialogis di Kayong Utara (Foto: Elf)
Calon Wakil Gubernur Kalbar Nomor Urut Tiga, Ria Norsan, Menyampaikan Paparannya Saat Kampanye Dialogis di Kayong Utara (Foto: Elf)

Safari Kampanye di Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara, Pontianak – Masih dalam lawatan safari kampanye paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji – Ria Norsan di Kabupaten Kayong Utara.

Para petani di Kabupaten Koyang Utara (KKU) menyambut penuh gembira dengan solusi yang akan dilakukan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji – Ria Norsan dalam meningkatkan kesejahteraan para petani di Kayong Utara jika paslon nomor urut 3 (tiga) ini terpilih memimpin Kalbar.

Salah satu solusi yang akan dilakukan Midji – Norsan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani Kayong Utara khususnya petani kelapa, yakni akan membangun pabrik pengolahan kelapa dan pembuatan koperasi petani kelapa dan karet.

Bagi Midji – Norsan, sebagai salah satu daerah penghasil buah kelapa terbesar di Kalbar, harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Agar produksi kelapa dan pendapatan para petani dari penjualan kelapa tersebut meningkat.

“Upaya membantu petani di Kayong Utara yakni dengan membangun pabrik pengolahan kelapa dan membuat koperasi-koperasi hasil produksi pertanian. Sebab saya menerima keluhan bahwa disini masih jarang koperasi untuk para petani dan belum ada pabrik pengolah kelapa sendiri,” ujar Cawagub nomor urut 3 (tiga), Ria Norsan dalam paparannya pada kampanye dialogis dengan masyarakat di Kecamatan Simpang Hilir, Teluk Melano, Kayong Utara, Senin (19/3).

Menurut Ria Norsan, permintaan akan kelapa di Indonesia cukup besar.

“Kelapa asal Kabupaten Kayong Utara merupakan salah satu pemasoknya. Banyak pengepul membawa kelapa ke pulau Jawa. Kalau potensi kelapa di Kayong Utara ini kita optimalkan, tentu masyarakat petani Kayong bisa sejahtera,” tukasnya.

Lanjut Norsan, tak hanya kepala, potensi karet di Kayong Utara juga sangat besar untuk dikembangkan.

“Sehingga dengan keberadaan koperasi yang mewadahi hasil kebun masyarakat menjadi sebuah keharusan yang akan kita wujudkan,” tegasnya.

Setelah mendengar program-program pengoptimalan sektor pertanian yang akan dilakukan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut tiga, Midji-Norsan, Nadiansyah (42) salah seorang petani kelapa mengungkapkan rasa gembiranya.

Ia menilai, pasangan Midji-Norsan serius untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kayong Utara khususnya kaum tani.

Menurut Nadiasnyah, keberadaan pabrik pengolahan kelapa di KKU sudah menjadi sebuah kebutuhan. Selain sebagai solusi untuk meningkatkan pendapatan para petani kelapa, juga untuk mempermudah pemasaran dan penjualan.

“Disamping itu juga akan menciptakan lapangan kerja baru. Selain dibantu dengan sarana-prasarana, para petani di Kayong Utara juga sangat berharap agar Midji-Norsan jika terpilih memimpin Kalbar, melalui instansinya dan kerjasama dengan pemda kabupaten/kota melakukan pembinaan terhadap petani di Kalbar khususnya di Kayong Utara. Sehingga kemampuan petani tidak hanya bisa menanam dan memanen, tapi bisa berwirausaha dari hasil pertaniannya sendiri,” pinta Nadiansyah.

Sebab, menurutnya, hingga saat ini belum ada pembinaan terhadap para petani kelapa maupun karet.

“Kami berharap Pak Sutarmidji dan Pak Ria Norsan bisa membantu meningkatkan keterampilan kaum tani. Agar nanti para petani juga bisa berwirausaha dari hasil pertanian kami sendiri. Kami yakin kalau potensi kelapa dan karet di Kayong Utara dimaksimalkan, bisa menjadi komoditas unggulan di Kalbar dan bisa memberi kesejahteraan bagi petani dan sumbangan bagi PAD Kayong Utara,” pungkasnya. (MCMN)

Tinggalkan Komentar