Categories: Sekadau

Sekadau Empuk Cerita Kembali Garap Film, Angkat Marwah Seni Tari Tradisional

KalbarOnline, Sekadau – Setelah sukses dengan film 3 Perantau yang tayang beberapa waktu lalu, Sekadau Empuk Cerita kembali menggarap sebuah film dengan tajuk ‘Sang Penari’.

Namun kali ini film dengan latar beberapa daerah ikonik di Kabupaten Sekadau merupakan film pendek yang akan diikut sertakan dalam Festival Film Kalimantan Barat dengan tema ‘Seni, Adat dan Budaya’.

“Film ‘Sang Penari’ ini mengisahkan tentang seorang lelaki tulen yang diperankan oleh Ogut (Wahyu Ceper) mengambil jalan berbeda yakni sebagai koreografer (pengarah tari), ia mengabdikan hidupnya untuk seni tari tradisional,” ungkap Vicky Yadiza selaku sutradara saat mengambil salah satu take di Desa Tanjung sebagai salah satu ending take film ini.

Sementara Sekretaris Desa Sungai Ringin, Akmal H.M yang ikut serta dalam proses syuting mengatakan bahwa penggarapan film ‘Sang Penari’ selain untuk diikutsertakan dalam FFKB (Festival Film Kalimantan Barat), juga merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan kembali gairah seni tari tradisional yang kian surut dikalangan pemuda.

“Seni tari tradisional harusnya dipertahankan dan dibudayakan terutama oleh pemuda pemudi, tak hanya bersifat musiman atau seremonial,” ungkapnya.

“Setelah ini kita akan garap kembali film berikutnya pada Juli mendatang, akan ada pemeran baru dari kalangan pelajar dalam film berikutnya, kita akan jaring melalui program SEC (Sekadau Empuk Cerita) Road to School,” tambah Akmal. (Mus)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Pelaku Curanmor Depan Pangkas Rambut Pontianak Utara Ditangkap Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Satu pelaku pencurian sepeda motor di depan pangkas rambut Jalan Gusti Situt…

16 hours ago

Sujiwo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacabup Kubu Raya ke PDI Perjuangan

KalbarOnline, Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019 - 2024, Sujiwo secara resmi…

16 hours ago

KalbarOnline.com bersama Puluhan Pemred se Indonesia Teken Deklarasi ICEC

KalbarOnline, Palembang - Hari Pers Internasional atau World Press Freedom Day yang jatuh setiap tgl…

16 hours ago

Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat Ringkus Pencuri Sepeda Motor

KalbarOnline, Pontianak - Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat mengamankan seorang laki-laki bernama Roby (25 tahun)…

18 hours ago

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

1 day ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

1 day ago