Categories: Pontianak

Sultan Nilai Tak Hanya Pembangunan Yang Pesat, Sutarmidji Juga Konsen Mengangkat Budaya di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Sejarah Kota Pontianak dan Kesultanan Kadriah jelas tidak bisa dipisahkan.

Bagaimana tidak, Kota Pontianak ini didirikan oleh Sultan Kadriah pertama, Sultan Syarief Abdurrahman Alkadrie pada tahun 1771 lampau.

Keberlangsungan Kesultanan Kadriah ini terus menunjukan eksistensinya sehingga sampai saat ini Kota Pontianak berdiri dan menjadi kota yang pesat dalam bidang perdagangan dan jasa serta perkembangan pembangunannya.

Terhitung, Kesultanan Kadriah telah sembilan kali berganti kepemimpinan mulai dari 1771 yang dipimpin oleh Sultan Abdurrahman Alkadrie sampailah saat ini kepemimpinan Kesultanan Kadriah dipimpin oleh Sultan Pontianak IX, Sultan Syarief Machmud (Melvin) Alkadrie.

Kota Pontianak pada 23 Oktober 2017 lalu merayakan hari jadinya yang ke-246 tahun, yang digelar Pemerintah Kota Pontianak selaku pengambil kebijakan, tentunya sebagai pemimpin di Kesultanan yang mendirikan Kota Khatulistiwa ini, Sultan Syarief Melvin, sangat mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Pontianak yang setiap tahun selalu peduli merayakan ulang tahun Kota Pontianak, terlebih lagi pada perayaan tersebut menampilkan kegiatan yang kental dengan adat budaya.

Dirinya juga menilai bahwa Wali Kota Pontianak, Sutarmidji sangat peduli terhadap kemajuan adat budaya yang ada di Pontianak.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pontianak yang selalu ambil peran memeriahkan hari jadi Kota Pontianak setiap tahunnya. Jadi setiap hari jadi Kota Pontianak selalu mengadakan acara,” tukasnya.

Ia berharap untuk pembangunan di Kota Pontianak, dari segi pembangunan fisik atau kemasyarakatannya supaya lebih baik dan maju lagi.

Kedepan siapa pun pemimpin Kota Pontianak ia berharap bisa meningkatkan pembangunan yang ada.

“Melihat pembangunan di Kota Pontianak memang cukup pesat, terutama pada masa kepemimpinan Wali Kota Pak Sutarmidji. Beliau sangat konsen dan betul-betul memperhatikan pembangunan yang ada. Yang membuat kita bangga dengan sosok Pak Sutarmidji adalah dia tidak hanya konsen membangun infrastruktur fisik saja, tapi beliau juga konsen mengangkat budaya yang ada,” pujinya.

Kepedulian Wali Kota yang luar biasa inilah menurutnya bisa dilihat dari pengangkatan budaya dan tempat bersejarah pun tak luput diperhatikan.

“Semenjak kepemimpinan Pak Sutarmidji lah banyak budaya Pontianak yang dikenal. Harapan saya untuk seluruh warga Kota Pontianak yang terdiri dari berbagai macam golongan serta suku dan budaya untuk sama-sama menjaga pembangunan yang ada saat ini. Marilah kita sama-sama menjaga Kota Pontianak ini untuk generasi kita kedepanya,” tandasnya. (Fai)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: ‘Pontianak Berjepin’ Digelar Usai UpacaraDinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota PontianakDisdukcapil: Wajib Punya Kipem Kalau Tidak Berarti Ilegal!Diskominfo Pontianak Terbaik I Pekan Inovasi DaerahEdi : Terus Berinovasi Untuk Pelayanan yang TerbaikEdi 4 PontianakEdi Rusdi KamtonoErdi: Pendataan Ini Penting Karena Menyangkut Kepentingan PembangunanFoto-foto Jelang Upacara Harjad PontianakHari Jadi Kota Pontianak ke-246Hari Jadi Pontianak ke-246Harjad Kota Pontianak ke-246Ini Harapan Dare Pontianak 2016Ini Pesan Sutarmidji Untuk Wali Kota SelanjutnyaKirab Budaya Sebagai Wadah Interaksi Antar EtnisKota PontianakPemerintah Kota PontianakPemkot PontianakPendatang Yang Masuk ke PontianakPengamat: Bisa Saja Dideportasi Kalau Tidak Urus AdministrasiPontianak Expo Pameran Pekan Laboratorium Inovasi Daerah dan Pameran Produk Unggulan dan Khas DaerahRibuan Orang Berjepin Semarakkan Harjad Pontianak ke-246Ribuan Peserta Siap Berjepin Serentak Meriahkan Harjad PontianakSelamat Hari Jadi Kota Pontianak Ke-246Soal Penduduk Pendatang di Kota PontianakSultan Apresiasi Kepedulian Pemkot Peringati HarjadSultan Nilai Tak Hanya Pembangunan Yang PesatSultan Pontianak IXSultan Syarif Machmud Melvin AlkadrieSutarmidjiSutarmidji - Ria NorsanSutarmidji 4 KalbarSutarmidji Juga Konsen Mengangkat Budaya di PontianakTahun Depan Kirab Budaya di Pinggir Sungai KapuasTitip Sejumlah Mega ProyekUpacara Harjad Pontianak Ke-246Vanya Gerina AzzahraWakil Wali Kota PontianakWali Kota Pontianak

Recent Posts

Dekranasda Kalbar Dukung Gallery Rika Ayub Design Turut Majukan Fashion Wastra Khas Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Windy…

2 hours ago

Pentingnya Imunisasi Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

KalbarOnline, Pontianak - Setiap orang memiliki imunitas yang berbeda, sehingga daya tahan tubuh terhadap penyakit…

3 hours ago

Pemkab Kayong Utara Matangkan Persiapan Rakor Pengendalian Inflasi Berikutnya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Minggu…

3 hours ago

Pemkot Pontianak Dorong Posyandu Naik Kelas

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah berencana untuk mendorong posyandu agar dapat naik…

4 hours ago

Memahami KBGO yang Rentan Menyasar Jurnalis Perempuan

KalbarOnline, Pontianak - Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Kalimantan Barat menggelar workshop Kekerasan Berbasis Gender…

4 hours ago

Bupati Fransiskus Ajak Masyarakat Kapuas Hulu Nonton Bareng Semifinal Piala Asia Indonesia Vs Uzbekistan

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengajak masyarakat di Bumi Uncak Kapuas untuk…

6 hours ago