Categories: Sekadau

Pemerintah Dorong Masyarakat Penuhi Kebutuhan Rumah

KalbarOnline, Sekadau – Mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki rumah lantaran kurangnya kemampuan daya beli. Pemerintah turut serta bersama pihak terkait berupaya untuk memenuhi kebutuhan dasar tersebut, salah satunya melalui sosialisasi pembangunan komplek perumahan grand Sekadau Residence di Sekadau, belum lama ini.

Plt Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Sekadau, Zakaria mengatakan bahwa setiap warga berhak memiliki tempat tinggal dan mendapat lingkungan yang baik dan sehat. Ia mengatakan, rumah selain sebagai kebutuhan dasar juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan.

“Rumah sebagai pencerminan diri pribadi dalam upaya peningkatan taraf hidup, serta membentuk karakter dan kepribadian bangsa,” ujarnya.

Namun, kata dia, hak dasar tersebut saat ini masih belum sepenuhnya terpenuhi. Dikatakan dia, salah satu penyebabnya adalah adanya kesenjangan pemenuhan kebutuhan perumahan yang relatif lebih besar.

“Ini terjadi karena masih kurangnya kemampuan daya beli masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah, tidak terkecuali PNS-TNI-Polri dalam memenuhi kebutuhan akan rumahnya,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pembangunan perumahan dna permukiman jika dilakukan secara bernar akan memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, khsususnya Kabupaten Sekadau.

Hal tersebut, kata dia, karena pembangunan perumahan dapat mendorong pertumbuhan sosial, budaya dan memberikan efek multiplier terhadap sektor lain.

“Seperti penciptaan lapangan kerja yang baik yang langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, tentu harus didukung oleh suatu kebijakan strategi dan program yang konprehensif dan terpadu,” jelasnya.

Ia berharap dengan kerjasama dengan sejumlah pihak dapat memfasilitasi serta memberikan kemudahan kredit ringan kepada PNS-Tni-Polri dalam upaya memiliki perumahan. Dikatakan dia, mengingat masih banyak pegawai negeri di Kabupaten Sekadau belum memiliki rumah. (Mus/Hms)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Ani Sofian Dorong Guru Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme

KalbarOnline, Pontianak - Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, menutup secara resmi kegiatan Lokakarya 7…

1 min ago

Angka Stunting Pontianak Kembali Turun

KalbarOnline, Pontianak – Angka stunting di Kota Pontianak berhasil turun pada awal tahun 2024 menjadi…

4 mins ago

Peringatan HUT Ke 10 IKAWATI Kantor Wilayah BPN Kalimantan Barat dan Hari Kartini Sukses Digelar

KalbarOnline.com, Pontianak - Jumat, 26 April 2024, Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kantor Wilayah…

4 hours ago

Menteri AHY: Saya Tidak Ikhlas jika Ada Tanah Rumah Ibadah Dirampas Mafia Tanah

KalbarOnline.com, Gowa - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)…

4 hours ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan untuk 30 Muslimah Tangguh di Kalimantan Selatan

KalbarOnline, Banjarbaru - Dengan semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

13 hours ago

Harisson Tegaskan Tidak Akan Maju Pilkada 2024

KalbarOnline, Pontianak - Di tengah ramainya isu sejumlah penjabat kepala daerah di beberapa provinsi dan…

16 hours ago