Categories: Sintang

Tinjau Pasar Raya Sintang, Wabup Dapati Sejumlah Kios Masih Terkunci

KalbarOnline, Sintang – Setelah berkali-kali undur jadwal akhirnya Pemerintah Kabupaten Sintang positif akan meresmikan gedung baru Pasar Raya pada Selasa (16/05/2017) besok pagi.  Sehari sebelumnya, pada (15/05/2017),  Wakil Bupati Sintang Askiman didampingi Kepala  Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindag)  dan UKM Kabupaten Sintang, H Sudirman meninjau langsung kegiatan perdagangan di Gedung Baru Pasar Raya itu. Dari hasil pantauanya Askiman mendapati sejumlah kios masih belum dibuka,  namun dia menilai  semua sudah siap tanpa ada kendala ataupun keluhan.

“yang belum dibuka ini tentunya bukan ketidak seriusan dari para pedagang, namun para pedagang ini perlu persiapan dari segi peralatan, permodalan  dan langkah-langkah usaha kerjanya direncanakan dengan matang, karena ini semua adalah kelompok usaha,” kata Askiman.

Kendati demikian pasca peresmian nantinya, dalam kurun waktu yang ditentukan, pedagang yang sudah mendapat jatah kios namun belum melakukan kegiatan usaha perdagangan akan diganti dengan pelaku usaha yang lainnya.

“habis peresmian ini nantinya akan diberikan waktu sekian hari, kalau yang bersangkutan tidak buka berarti dia belum siap melakukan akititas usaha dan itu akan kita ganti,” terang Askiman.

Askiman berharap adanya fasilitas Gedung Baru Pasar Raya ini dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik oleh para pedagang. Dia meminta para pedagang menata ruang usahanya dengan baik sehingga tidak terkesan kumuh.  Dia juga berharap para pedagang yang menempati kios sungguh-sungguh melakukan keigatan perdagangan sebagai pelaku usaha.

“jika terdapat bukan pelaku usaha yang melaksanakan kegiatan harus cepat ditidaklanjuti oleh Disperindagkop dan UKM untuk diubah SK-nya dan digantikan ke pelaku usaha yang lain,” bebernya.

Sementara Kadisperingakop dan UKM Kabupaten Sintang H Sudirman mengatakan sejumah persiapan tengah dilakukan pihaknya dalam rangka kegiatan peresmian gedung baru pasar raya Sintang ini.

“besok  jam 10:00 Wiba positif gedung pasar raya ini kita resmikan, hari ini kita lakukan sejumlah persiapan, baik tenda, kursi dan lainnya,” ujar Sudirman. (Sg)

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Dekranasda Kalbar Dukung Gallery Rika Ayub Design Turut Majukan Fashion Wastra Khas Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Windy…

1 hour ago

Pentingnya Imunisasi Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

KalbarOnline, Pontianak - Setiap orang memiliki imunitas yang berbeda, sehingga daya tahan tubuh terhadap penyakit…

2 hours ago

Pemkab Kayong Utara Matangkan Persiapan Rakor Pengendalian Inflasi Berikutnya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Minggu…

2 hours ago

Pemkot Pontianak Dorong Posyandu Naik Kelas

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah berencana untuk mendorong posyandu agar dapat naik…

3 hours ago

Memahami KBGO yang Rentan Menyasar Jurnalis Perempuan

KalbarOnline, Pontianak - Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Kalimantan Barat menggelar workshop Kekerasan Berbasis Gender…

3 hours ago

Bupati Fransiskus Ajak Masyarakat Kapuas Hulu Nonton Bareng Semifinal Piala Asia Indonesia Vs Uzbekistan

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengajak masyarakat di Bumi Uncak Kapuas untuk…

5 hours ago