Tinjau Pasar Raya Sintang, Wabup Dapati Sejumlah Kios Masih Terkunci

Wakil Bupati Sintang AskimanTinjau Pasar Raya Sintang (Foto: Sg/Hms)
Wakil Bupati Sintang AskimanTinjau Pasar Raya Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Setelah berkali-kali undur jadwal akhirnya Pemerintah Kabupaten Sintang positif akan meresmikan gedung baru Pasar Raya pada Selasa (16/05/2017) besok pagi.  Sehari sebelumnya, pada (15/05/2017),  Wakil Bupati Sintang Askiman didampingi Kepala  Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindag)  dan UKM Kabupaten Sintang, H Sudirman meninjau langsung kegiatan perdagangan di Gedung Baru Pasar Raya itu. Dari hasil pantauanya Askiman mendapati sejumlah kios masih belum dibuka,  namun dia menilai  semua sudah siap tanpa ada kendala ataupun keluhan.

“yang belum dibuka ini tentunya bukan ketidak seriusan dari para pedagang, namun para pedagang ini perlu persiapan dari segi peralatan, permodalan  dan langkah-langkah usaha kerjanya direncanakan dengan matang, karena ini semua adalah kelompok usaha,” kata Askiman.

Kendati demikian pasca peresmian nantinya, dalam kurun waktu yang ditentukan, pedagang yang sudah mendapat jatah kios namun belum melakukan kegiatan usaha perdagangan akan diganti dengan pelaku usaha yang lainnya.

“habis peresmian ini nantinya akan diberikan waktu sekian hari, kalau yang bersangkutan tidak buka berarti dia belum siap melakukan akititas usaha dan itu akan kita ganti,” terang Askiman.

Askiman berharap adanya fasilitas Gedung Baru Pasar Raya ini dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik oleh para pedagang. Dia meminta para pedagang menata ruang usahanya dengan baik sehingga tidak terkesan kumuh.  Dia juga berharap para pedagang yang menempati kios sungguh-sungguh melakukan keigatan perdagangan sebagai pelaku usaha.

“jika terdapat bukan pelaku usaha yang melaksanakan kegiatan harus cepat ditidaklanjuti oleh Disperindagkop dan UKM untuk diubah SK-nya dan digantikan ke pelaku usaha yang lain,” bebernya.

Sementara Kadisperingakop dan UKM Kabupaten Sintang H Sudirman mengatakan sejumah persiapan tengah dilakukan pihaknya dalam rangka kegiatan peresmian gedung baru pasar raya Sintang ini.

“besok  jam 10:00 Wiba positif gedung pasar raya ini kita resmikan, hari ini kita lakukan sejumlah persiapan, baik tenda, kursi dan lainnya,” ujar Sudirman. (Sg)

Tinggalkan Komentar