Categories: Pontianak

128 Fasum di Kalbar Terdampak Banjir, BPBD Provinsi Dorong Perkuat Data Bencana

KalbarOnline, Pontianak– Sebanyak 128 fasilitas umum (fasum) di beberapa wilayah di Provinsi Kalbar ikut terdampak banjir, yang melanda sejak November hingga Desember 2023 ini.

128 fasum ini tersebar di beberapa wilayah dengan berbagai jenis kerusakannya. Diantaranya, satu unit jembatan rusak berat di Kabupaten Landak.

“Lalu di Kabupaten Ketapang sebanyak 9.756 unit rumah terdampak, Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak 128 fasum, Kabupaten Kubu Raya sebanyak 316 unit rumah terdampak banjir,” kata Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Provinsi Kalbar, Daniel, Minggu (10/12/2023).

Ia mengungkapkan dari bencana ini, telah terdapat 69.661 jiwa dari 20.995 Kepala Keluarga (KK) yang juga terdampak. Dirinya pun mendorong, BPBD kabupaten kota dapat terus meningkatkan kewaspadaannya, dengan selalu menyiagakan personel, menyiagakan peralatan dan logistik kebencanaan, yang sewaktu-waktu dapat digeser ke tempat bencana.

“Selain itu, daerah juga harus membangun koordinasi dengan instansi terkait di kabupaten kota, agar upaya penanggulangan bencana dapat dikerjakan bersama-sama,” kata Daniel.

“Kepada warga yang tinggal di daerah rawan bencana, tingkatkan kewaspadaan, harus kenali tempat yang aman untuk menyelamatkan diri bila terjadi banjir,” imbaunya.

Hal lainnya, dikatakan Daniel yang perlu dilakukan adalah koordinasi dengan pihak PLN untuk memutus jaringan listrik yang berpotensi menyentrum apabila bersentuhan dengan air.

“Kemudian kita minta kepada semua BPBD kabupaten kota untuk segera menyampaikan informasi terkait warga yang terdampak bencana banjir,” pinta Daniel.

“Sebab terkait data ini sangat penting, sebagai bahan pertimbangan untuk membuat kebijakan yang berkaitan dengan penanggulangan bencana oleh pemerintah Provinsi Kalbar,” jelasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Ketua POPTI Kalbar Jadi Pembicara Nasional Hari Talasemia Sedunia 2024

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Perhimpunan Orangtua Penderita Talasemia Indonesia (POPTI) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy…

1 hour ago

Hanura Berpeluang Usung Dokter Akbar Rahmad Putra di Pilwako Pontianak 2024

KalbarOnline.com - Ketua DPC Hanura Kota Pontianak, Damri menyebut figur muda bakal calon Wali Kota…

2 hours ago

Bawaslu Pontianak buka Perekrutan Panwascam Pendaftar Baru

KalbarOnline, Pontianak - Dalam rangka pembentukan panitia pengawas pemilu (paswascam) kecamatan dalam pemilihan umum (pemilu)…

5 hours ago

300 Pelajar SMP Pontianak Ikuti Tes Bakat Calon Atlet Panjat Tebing dari Kemenpora

KalbarOnline, Pontianak - Sebanyak 300 pelajar SMP di Kota Pontianak mengikuti Tes Identifikasi Bakat Calon…

5 hours ago

Budi Daya Lele Dalam Ember Jadi Solusi Keterbatasan Lahan

KalbarOnline, Pontianak - Warga Gang Kuini, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat berhasil membudidayakan…

5 hours ago

Ungguli DKI Jakarta, Pemprov Kalbar Raih 98 Poin pada Penilaian MCP Tahun 2024

KalbarOnline, Pontianak - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil mencetak 98 poin pada penilaian…

6 hours ago