Categories: EkonomiSanggau

Kunker ke Sanggau, Windy Ikut Menanam hingga Memanen Cabai Rawit

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari turut mendampingi kunjungan kerja (kunker) Pj Gubernur Kalbar, Harisson ke Kabupaten Sanggau, dalam rangka terus memasifkan Gerakan Penanaman Cabai (Gertam Cabai) guna menekan angka inflasi di Provinsi Kalbar.

Pada kunjungannya tersebut, Windy pun menghadiri dan ikut menanam cabai rawit, pada kegiatan gerakan menanam cabai di Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau.

Usai acara gertam cabai tersebut, Windy kembali melanjutkan perjalanan untuk memanen cabai rawit bersama kelompok tani (poktan) di Desa Menyabo, Kecamatan Tayan Hulu, Rabu (06/12/2023).

Windy menjelaskan, sesuai amanah Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, bahwa dengan melambungnya harga cabai di beberapa wilayah, akan berpotensi menyebabkan inflasi.

Maka dari itu, Windy mengajak TP PKK untuk melakukan usaha konkret guna menekan harga cabai, salah satunya dengan memasifkan kembali gertam cabai ini.

Kebutuhan cabai yang semakin meningkat ini, lanjut Windy dapat disikapi dengan budidaya cabai di pekarangan, baik di halaman rumah maupun dengan memanfaatkan pot, polybag dan jika memungkinkan dapat menanam cabai secara hidroponik.

Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari memberikan benih cabai kepada salah seorang warga di Kabupaten Sanggau. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

“Jadi nanti akan kita dorong juga dalam satu keluarga atau satu rumah mempunyai 10 polybag tanaman cabai yang mereka tanam atau dibudidayakan,” jelas Windy.

Windy juga menyampaikan, bahwa TP PKK mempunyai 10 tugas pokok yang selaras dengan gertam cabai sebagai upaya penekanan inflasi, khususnya pada Pokja III TP PKK yang mempunyai program mengelola pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga.

“Di PKK ada yang namanya Aku Hatinya PKK, yang merupakan kepanjangan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman,” jelasnya.

Program Aku Hatinya PKK merupakan program yang menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan halaman rumah sekitar atau pekarangan dengan tanaman-tanaman produktif berupa apotek hidup, warung hidup maupun tanaman hias.

Selanjutnya, Windy mendorong TP PKK se-Kalbar melanjutkan gerakan menanam cabai rawit sampai ke tingkat keluarga. Dan rencana di tahun 2024, akan ada program pembinaan, monitoring dan evaluasi terkait program pemanfaatan lahan yang produktif diantaranya digunakan untuk menanam cabai rawit dalam rangka mengendalikan inflasi di Provinsi Kalbar.

“Nah nanti setelah itu, binaan PKK di kabupaten kota akan kita lombakan, dan diberikan penghargaan atas keberhasilan dalam pemanfaatan lahan yang produktif tersebut. Salah satunya yang mereka gunakan untuk menanam cabai,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

1 hour ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

3 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

3 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

3 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

3 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

3 hours ago