Categories: PolitikPontianak

Surat Suara Pemilu 2024 Mulai Didistribusikan ke 10 Kabupaten di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – KPU Provinsi Kalimantan Barat melepas logistik pemilu 2024 berupa surat suara DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Selasa (05/12/2023). Logistik surat suara ini akan didistribusikan ke 10 kabupaten/kota di Kalbar.

Sementara untuk 4 kabupaten/kota lain, yakni Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Kayong Utara akan menyusul di gelombang kedua pada tanggal 8 Desember mendatang.

“Pada hari ini kami mengirim untuk kebutuhan 10 kabupaten/kota, di luar kebutuhan untuk Singkawang, Pontianak, Kubu Raya, dan Kayong Utara yang akan dikirim kembali melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pada 8 desember nanti,” ungkap Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Syarifudin Budi, usai pelepasan pendistribusian logistik.

Budi menerangkan, untuk surat suara presiden dan DPD karena diproduksi di perusahaan yang berbeda, maka pengirimannya juga akan berbeda.

“Surat suara presiden dan surat suara DPD karena diproduksi di perusahaan yang beda, tentu konteks pengirimannya juga berbeda. Namun dapat kami pastikan sebelum 15 Januari 2024, logistik surat suara presiden dan DPD juga telah tiba di kabupaten/kota,” terangnya.

Pelepasan pendistribusian logistik pemilu 2024 berupa surat suara di Pelabuhan Dwikora, Pontianak. (Foto: Indri)

Budi mengungkapkan, jumlah total surat suara yang dibutuhkan untuk melayani 3.958.561 pemilih di Kalbar yang melingkupi 17.626 TPS berjumlah 20.230.375 lembar surat suara. Pihaknya memastikan, logistik akan tiba pada waktunya, sehingga tersedia waktu yang cukup untuk KPU di kabupaten/kota untuk menyortir dan menata logistik lainnya.

“Setelah disortir, disimpan dengan rapi di gudang kabupaten/kota, proses pekerjaaan penataan kotak, bilik, segel, kertas, tinta yang sudah tiba duluan di kabupaten/kota proses pekerjaannya cukup rapi sehingga pekerjaan teknis di lapangan bisa dikendalikan,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kalbar, Faisal Riza mengaku telah melakukan pengawasan logistik surat suara sejak ada di lokasi percetakan, hingga sampai ke Pelabuhan Dwikora Pontianak.

“Kita sudah melakukan pengawasan sejak ada di lokasi percetakan. Surat suara kita pastikan sampai ke proses loading di Pelabuhan Semarang sampai ke Pontianak, ini kita awasi proses pendistribusiannya hingga ke kabupaten/kota. Kita pastikan tidak ada perubahan dari jumlah, jenis, maupun bentuk fisik,” tukasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Link Berita Soal Laporan Korupsi ke Kejati Kalbar Mendadak Hilang, Muncul Kode 404

KalbarOnline, Pontianak - Belakangan ini publik dihebohkan dengan laporan dugaan korupsi program Bantuan Stimulan Perumahan…

4 hours ago

Pelajar SMKN 01 Sintang Jawab Tantangan Rita, Buat Mobil Listrik Dalam 30 Hari

KalbarOnline, Pontianak - Pelajar SMK Negeri 1 Sintang Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil merakit sebuah…

4 hours ago

Windy Sebut Gawai Dayak Sangat Potensial Masuk ke Kalender Event Nusantara Kemenparekraf

KalbarOnline, Pontianak - Salah satu event wisata budaya yang digelar setiap tahun di Rumah Radakng,…

7 hours ago

Gawai Dayak di Pontianak Tahun Ini Akan Ada Karnaval Air

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-XXXVIII Tahun 2024 Kalimantan Barat akan digelar pada 20…

7 hours ago

Sarina, Finalis Putri Hijabfluencer Kalbar 2024 Asal Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Sarina (18 tahun) lahir di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten…

14 hours ago

Hadapi Seleksi STQ dan TC, Pengurus LPTQ KKU Audiensi ke Pj Bupati Romi Wijaya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan…

14 hours ago