Categories: Nasional

8 Cara Menambah Nafsu Makan Anak, Bisa Dicoba!

KalbarOnline.com – Nafsu makan anak memang cenderung naik turun sesuai suasana hati dan kondisi fisik mereka. Tentunya para orang tua akan berusaha yang terbaik untuk menjaga agar nafsu makan si kecil tetap stabil. Apalagi saat nafsu makannya banyak berkurang, orang tua akan mencari berbagai macam cara agar si kecil kembali makan dengan lahap.

8 Cara Menambah Nafsu Makan Anak, Bisa Dicoba!

Proses makan pada anak memang sangat bervariasi dan cukup challenging. Saat nafsu makan turun, di sinilah orang tua harus berusaha mencari berbagai cara untuk segera mengembalikannya. Berikut adalah 8 cara efektif yang bisa dicoba untuk meningkatkan nafsu makan buah hati Anda:

1. Berikan Makanan yang Bervariasi

Pertama-tama, cobalah Anda membuat makanan yang lebih bervariasi. Bisa jadi nafsu makan si kecil menurun karena ia bosan mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Jadi coba ciptakan kreasi makanan yang berbeda namun disukai oleh anak. Cari tahu apa saja jenis makanan yang ia suka dan ciptakan kreasi yang belum pernah dimakan si kecil.

2. Ciptakan Tampilan Makanan yang Menarik

Anda juga bisa berkreasi dengan tampilan makanan agar terlihat lebih menarik. Nafsu makan buah hati Anda bisa meningkat jika mereka melihat makanan yang menarik. Misalnya Anda bisa membuat karakter boneka atau bentuk lucu lainnya agar si kecil tertarik untuk makan.

3. Bagi Makanan dalam Porsi Kecil

Cobalah untuk membagi makanan anak dalam porsi yang lebih kecil. Tidak masalah jika anak berulang kali makan dengan porsi kecil. Saat nafsu makan menurun anak biasanya akan semakin malas jika harus menghabiskan makanan dalam porsi banyak.

4. Ajak Si Kecil Berkreasi dengan Makanannya

Hal berikutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah mengajak anak berkreasi dengan makanannya sendiri. Jangan ragu mengajak anak untuk menyiapkan makanan mereka. Anda juga bisa mengajak anak menghias makanannya agar mereka lebih bersemangat.

5. Batasi Minuman saat Waktu Makan

Sebaiknya Anda batasi minum untuk anak saat waktu makan tiba. Minum yang berlebihan akan membuat anak kembung dan merasa kenyang padahal belum makan. Kondisi seperti ini bisa membuat nafsu makan berkurang dan pada akhirnya anak tidak mau menghabiskan makanannya.

6. Batasi Pemberian Camilan

Selain minum, Anda juga perlu membatasi camilan untuk anak. Camilan atau makanan ringan bisa membuat nafsu makan si kecil berkurang. Anak jadi kenyang camilan dan tidak tertarik untuk mengkonsumsi makanan utama mereka.

7. Jangan Memaksa selama Proses Makan

Pastikan untuk tidak memaksa anak selama proses makan berlangsung. Biarkan anak menikmati waktu makannya dengan santai tanpa paksaan. Jika memang anak tidak mau makan maka Anda bisa mencobanya kembali tanpa paksaan agar anak tidak trauma.

8. Berikan Suplemen Penunjang

Tidak ada salahnya untuk memberi suplemen penunjang yang bisa meningkatkan nafsu makan. Pastikan produk suplemen tersebut aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan memang bisa meningkatkan nafsu makan secara efektif. Anda juga bisa berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai pemberian suplemen ini.

Pemberian suplemen memang bisa jadi pilihan tepat untuk mengatasi masalah nafsu makan pada anak. Anda bisa mendapatkan banyak pilihan produk suplemen penambah nafsu makan dari Kalbe. Produk suplemen Kalbe saat ini bisa didapatkan dengan mudah dan praktis melalui platform e-commerce Blibli.

Demi meningkatkan nafsu makan anak, Anda memang perlu melakukan banyak upaya. Konsumsi suplemen dari Kalbe bisa jadi pilihan jika memang aman bagi anak dan bekerja efektif. Langsung saja belanja suplemen Kalbe di Blibli dan dapatkan beragam penawaran promo menarik di sana.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: blibliKalbe

Recent Posts

Mendagri Imbau Kepala Daerah Lakukan Kerja Sama Pemberitaan dengan PWI, Demi Wujudkan Pilkada Damai 2024

KalbarOnline, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran (SE)…

1 hour ago

Suami Ancam Jual Istri Hingga Melakukan Kekerasan Terhadap Anak dan Mertua

KalbarOnline, Kubu Raya - Seorang wanita berinisial RR (35 tahun) melaporkan suaminya AT (36 tahun)…

1 hour ago

PN Ketapang Menangkan PT CMI pada Perkara Tumpang Tindih WIUP di Desa Karya Baru Kecamatan Marau

KalbarOnline, Ketapang - Pengadilan Negeri (PN) Ketapang akhirnya memenangkan pihak PT Cita Mineral Investindo (CMI)…

7 hours ago

Wakili Bupati Ketapang, Absalon Buka Workshop Teaching Factory Politap di Asana Nevada

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati Ketapang, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia,…

8 hours ago

Kenang Jasa Para Pahlawan, Farhan dan Forkopimda Ketapang Ziarahi Taman Makam Pahlawan Tanjungpura

KalbarOnline, Ketapang - Usai mengikuti upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Wakil Bupati Ketapang, Farhan bersama…

8 hours ago

Pj Bupati Romi Tinjau Persiapan Operasionalisasi SPBU OSO di Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya meninjau langsung persiapan operasionalisasi…

8 hours ago