Categories: NasionalPontianak

Rehabilitasi Pengguna Narkoba di BNN Kalbar, Gratis!

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka menekan angka pecandu narkotika dan jumlah permintaan (demand), Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Barat telah melakukan serangkaian program, salah satunya rehabilitasi.

Kepala BNN Kalbar, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto, M.Si mengungkapkan, selama tahun 2023, sudah ada 300-400 orang yang dilakukan rehabilitasi, baik rawat jalan maupun rawat inap.

“Selain bandar sebagai supply, kita juga lakukan rehabilitasi kepada pecandu yang ada di Kalbar. Mudah-mudahan ini bisa menekan peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Kalbar,” ujarnya, Jumat (03/11/2023).

Brigjen Pol Sumirat menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin melakukan rehabilitasi bisa melapor ke BNN Provinsi maupun kabupaten/kota untuk bisa mendapatkan rehabilitasi dan tanpa dipungut biaya.

“Nanti akan dilakukan asesmen, setelah itu akan dilihat tingkat kecanduan dari yang bersangkutan. Kalau misalnya bisa direhabilitasi rawat jalan, silakan lakukan rehabilitasi rawat jalan di BNN Provinsi atau kabupaten/kota tanpa dipungut biaya. Atau di rumah sakit maupun puskesmas yang sudah mendapatkan pelatihan atau IPWL,” jelasnya.

Sementara untuk yang tingkat kecanduannya tinggi dan harus dirawat inap, akan dibawa ke Batam atau Jakarta.

“Biayanya hanya transport, selama masa rehabilitasi di Jakarta dan Batam baik itu setahun atau dua tahun selama apapun itu tidak dipungut biaya apapun,” katanya.

Terhadap pengguna yang ingin melaporkan diri secara sukarela, Brigjen Pol Sumirat menegaskan tidak akan ditangkap dan tidak akan diproses hukum, tetapi akan diberikan rehabilitasi untuk dipulihkan kembali.

“Silakan bagi masyarakat yang ingin melakukan rehabilitasi, langsung lapor. Untuk di BNN Provinsi atau kabupaten/kota tidak dipungut biaya apapun, yang melapor secara sukarela juga tidak akan ditangkap, masa orang mau bertobat malah ditangkap,” tegasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Terpilih Aklamasi, Daniel Tangkau Lanjut Pimpin Ikadin Kalbar 2024 – 2028

KalbarOnline, Pontianak – Daniel Edward Tangkau kembali terpilih sebagai Ketua Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Provinsi…

18 mins ago

Ramai-ramai Kritik Hasyim Asy’ari, Statemen Anggota Dewan Boleh Nyalon Pilkada Bisa Jadi Problem Demokrasi dan Konstitusional

KalbarOnline, Nasional - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengkritik argumentasi Ketua KPU RI, Hasyim…

36 mins ago

Link Berita Soal Laporan Korupsi ke Kejati Kalbar Mendadak Hilang, Muncul Kode 404

KalbarOnline, Pontianak - Belakangan ini publik dihebohkan dengan laporan dugaan korupsi program Bantuan Stimulan Perumahan…

18 hours ago

Pelajar SMKN 01 Sintang Jawab Tantangan Rita, Buat Mobil Listrik Dalam 30 Hari

KalbarOnline, Pontianak - Pelajar SMK Negeri 1 Sintang Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil merakit sebuah…

18 hours ago

Windy Sebut Gawai Dayak Sangat Potensial Masuk ke Kalender Event Nusantara Kemenparekraf

KalbarOnline, Pontianak - Salah satu event wisata budaya yang digelar setiap tahun di Rumah Radakng,…

20 hours ago

Gawai Dayak di Pontianak Tahun Ini Akan Ada Karnaval Air

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-XXXVIII Tahun 2024 Kalimantan Barat akan digelar pada 20…

20 hours ago