Categories: PontianakSosBud

PJ Gubernur Harisson Apresiasi Keterlibatan PMI Dalam Hal Kemanusiaan

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Palang Merah Indonesia (PMI), di Markas PMI Kalbar, Jalan Letjen Sutoyo, Kota Pontianak, Minggu (17/09/2023).

Mengawali amanatnya, Harisson menyampaikan bahwa pada momentum kali ini, dunia sedang dihadapkan dengan berbagai masalah iklim yang semakin nyata berdampak pada kelangsungan hidup manusia.

“PMI sebagai organisasi kemanusiaan berkomitmen untuk turut serta mengurangi dampak perubahan iklim, tidak hanya respon tanggap darurat bencana melainkan berperan meningkatkan kesadaran, memberdayakan masyarakat dalam kegiatan adaptasi perubahan iklim,” ucapnya di depan para peserta upacara.

Ketua PMI Provinsi Kalbar, Lismaryani menyerahkan penghargaan kepada aktivis sosial pada momen peringatan HUT ke-78 Palang Merah Indonesia (PMI), di Markas PMI Kalbar, Jalan Letjen Sutoyo, Kota Pontianak, Minggu (17/09/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Dirinya kembali menegaskan, bahwa PMI berkomitmen untuk melaksanakan aksi cerdas iklim (climate smart) dengan melakukan aksi di markas atau keseharian untuk adaptasi perubahan iklim.

“Contohnya dengan menggunakan kertas bekas, mengirim dokumen secara online, membawa botol minum sendiri dan hal lainnya yang dapat mengurangi dampak perubahan iklim yang sangat ekstrim ini,” tegasnya.

Masih terkait perubahan iklim, PMI Provinsi Kalbar telah mengerahkan PMI kabupaten kota se-Kalbar bekerjasama dengan Dinas LHK Provinsi Kalbar dan kabupaten kota melakukan penanaman pohon serentak sebanyak 4.480 pohon dan mangrove.

“Saya imbau tanaman yang sudah di tanam tersebut dapat dirawat sehingga bisa hidup dan tumbuh agar apa yang telah dikerjakan tidak sia-sia,” ujarnya.

Pj Gubernur Kalbar, Harisson menyerahkan penghargaan kepada aktivis sosial pada momen peringatan HUT ke-78 Palang Merah Indonesia (PMI), di Markas PMI Kalbar, Jalan Letjen Sutoyo, Kota Pontianak, Minggu (17/09/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Tidak hanya itu, PMI juga telah terlibat dalam tanggap darurat bencana dengan bergabung ke dalam Satgas Karhutla yang turut serta memadamkan kebakaran lahan, hutan dan hunian serta turut memberikan bantuan air bersih.

“Bersumberkan dari mata air pegunungan sebanyak 272.000 liter air telah disalurkan bagi masyarakat Kalbar dengan total penerima manfaat sebanyak 25.821 jiwa,” jelas Harisson.

Di akhir amanatnya, tak lupa Pj Gubernur Kalbar menyampaikan apresiasinya atas keterlibatan PMI Provinsi Kalbar dalam membantu masyarakat Kalbar.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar turut bangga dan sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh PMI Kalbar,” tutupnya.

Pj Ketua TP PKK Kalbar, Windy Prihastari menyerahkan penghargaan kepada aktivis sosial pada momen peringatan HUT ke-78 Palang Merah Indonesia (PMI), di Markas PMI Kalbar, Jalan Letjen Sutoyo, Kota Pontianak, Minggu (17/09/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Usai menyampaikan amanat, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan lencana Wira Madya, Jasa Madya dan Satya Bhakti oleh Ketua Dewan Kehormatan.

Adapun yang menerima penghargaan Lencana Wira yakni mantan Gubernur Kalimantan Barat periode 2018 – 2023, Sutarmidji. Penerima lencana Jasa madya yakni Pj Gubernur Kalbar dan Direktur Utama Bank Kalbar.

Selain itu, terdapat pula masyarakat umum yang merupakan pendonor darah tetap yang menerima piagam penghargaan atas pendonor darah sukarela terbanyak.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua PMI Kalbar, Lismaryani beserta para pengurus PMI Kalbar, Pj Ketua TP-PKK Kalbar, Windy Prihastari. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Remaja di Landak Bunuh Diri Karena Tak Diizinkan Pergi Memancing

KalbarOnline, Landak - Seorang remaja (16 tahun) di Kecamatan Kuala Behe, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat…

2 hours ago

Pj Gubernur Kalbar Dorong Pekan Gawai Dayak Bisa Masuk Kalender Event Nasional

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan, bahwa sejak tahun 2016 lalu,…

2 hours ago

Kalbar Dukung Daud Yordan Rebut Titel Juara Dunia ke-4 pada September Mendatang

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalbar, Harisson menerima kunjungan dari petinju dunia asal Kalimantan Barat,…

2 hours ago

Pj Gubernur Harisson Ajak Asosiasi Dosen Indonesia Bersama Membangun Daerah

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson memberikan sambutan pada acara Pelantikan Dewan Pengurus…

2 hours ago

Bukan Tidak Mungkin, Windy Sebut Anak Stunting Pun Bisa Jadi Presiden di Masa Depan

KalbarOnline, Kubu Raya - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi…

2 hours ago

Maknai Kebangkitan Nasional dengan Membuka Ruang Imajinasi Peradaban

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional…

2 hours ago