Categories: Pontianak

DLHK Kalbar Berkurban Lebih Banyak Tahun Ini

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Kalbar, Adi Yani menyampaikan, terdapat peningkatan jumlah hewan kurban yang disembelih pada perayaan Idul Adha 1444 H tahun ini.

Alhamdulillah pada hari raya Idul Adha tahun ini DLHK melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi. Tahun sebelumnya kita hanya 2 ekor. Artinya ada peningkatan,” ucapnya, Jumat (30/06/2023).

Yani menjelaskan, adapun sumber dana pembelian hewan-hewan kurban ini berasal dari urunan para ASN di DLHK Kalbar.

“Yakni para pejabat eselon III, mereka mengumpulkan uang pribadi, termasuk beberapa staf, Alhamdulillah bisa mendapatkan 4 ekor sapi,” ucap Yani seraya bersyukur.

Lebih jauh Yani menyinggung, bahwa esensi dari praktik berkurban menurutnya, selain meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, juga guna menumbuhkan rasa persaudaraan antar sesama, yakni dengan saling berbagi antara mereka yang memiliki kemampuan dengan mereka yang kurang mampu.

“Ini ajaran yang baik bagi umat Islam, di Idul Adha ini juga dalam rangka kita meningkatkan kebersamaan kita. Artinya yang mampu wajib berbagi dengan sesamanya, terutama kepada mereka yang tidak mampu untuk berkurban,” jelasnya.

Yani mengatakan, bahwa daging-daging kurban ini selanjutnya didistribusikan kepada seluruh staf DLHK sampai pada KPH Kubu Raya, kaum dhuafa, pensiunan atau purna tugas DLHK Kalbar.

“Tentunya kita berkurban ini dalam rangka semangat kebersamaan, dan untuk berbagi, saling membantu antara satu dengan yang lain. Kurban ini juga sebagian kita gunakan untuk halal bihalal internal DLHK,” ujarnya.

Uniknya, pembagian atau pendistribusian daging-daging hewan kurban kepada penerima itu dengan menggunakan besek yang dibeli dari UMKM hasil hutan bukan kayu atau dari kelompok masyarakat di Galeri Hasil Hutan yang berlokasi di samping Pendopo Gubernur Kalbar.

“Ini juga sekaligus untuk pembelajaran bagi umat Islam yang berkurban, seyogyanya mereka membagikannya tanpa menggunakan bahan plastik untuk mengurangi sampah. Jadi kita bukan menggunakan kresek, karena kita menghindari penggunaan bahan plastik,” kata Yani.

Penggunakan besek yang dibeli dari UMKM hasil hutan bukan kayu di Galeri Hasil Hutan. (Foto: Jauhari)

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban DLHK Kalbar, Amung mengucapkan terima kasih atas dukungan Kepala DLHK Provinsi Kalbar dan seluruh pegawai atas terselenggaranya kurban tahun ini.

Alhamdulillah di tahun 2023 ini kita menyembelih 4 ekor sapi. Seperti yang disampaikan Pak Kadis, bahwa semua ini adalah inisiatif dari seluruh staf kita yang bahu-membahu mengumpulkan dananya sehingga bisa terkumpul sampai 4 ekor. Ini dua kali lipat dari tahun lalu,” tutur Amung.

Sekretaris DLHK Kalbar itu menjabarkan, bahwa kurban yang dilakukan pihaknya tersebut dalam rangka mengedepankan rasa kebersamaan dan berbagi.

“Kita sadar betul bahwa tidak selamanya, tidak setiap saat kita bisa bertemu, dan mungkin ada beberapa staf dalam kondisi mau menyumbang tapi tidak mampu, sehingga dengan semangat kebersamaan ini mudah-mudahan kita sama rasa dan sama rata,” katanya.

“Sehingga kita menyadari betul bahwa kita ini adalah makhluk sosial yang saling berdampingan, apalagi dalam lingkungan DLHK yang notabene kita berada dalam satu instansi,” sambungnya.

Terkait teknis pendistribusian daging hewan kurban, Amung mengatakan, dirinya tetap sesuai dengan instruksi Kepala DLHK Provinsi Kalbar.

“Untuk pembagiannya saya mendapat arahan dari Pak Kadis, bahwa seluruh staf DLHK mendapat bagian, yang PNS maupun honor, ditambah KPH Kubu Raya, termasuk brigade-nya, total 200-an orang,” terangnya.

Selain itu, pendistribusian juga ditujukan kepada kaum dhuafa pada 4 kelompok panti asuhan dan pensiunan DLHK Kalbar dengan jumlah keseluruhan sekitar 40 orang.

Alhamdulillah berdasarkan hitungan kita, empat ekor sapi ini cukup. Mudah-mudahan semangat berkurban ini terus kita kobarkan, dan Insya Allah seperti harapan Pak Kadis, di tahun-tahun berikutnya kita bisa meningkat kurbannya,” ujarnya.

“Tujuan kita salah satu diantaranya merupakan bentuk pembinaan pegawai yang memang selama ini kita dorong di bawah kepemimpinan Pak Kadis,” tuntas Amung. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Harisson Larang Perpisahan Sekolah di Tempat Mewah

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson melarang sekolah-sekolah untuk semua jenjang…

3 hours ago

Jalan Rusak Parah, Ibu Asal Kendawangan Melahirkan di Tengah Jalan

KalbarOnline, Ketapang - Beratnya kondisi medan yang diakibatkan jalan rusak, membuat Raniah, seorang ibu asal…

4 hours ago

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

18 hours ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

19 hours ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

1 day ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

1 day ago