Categories: KetapangPolhumSosBud

Hadiri Acara Adat Kolatn Kabarutn Sayak Rampang Padi, Sekda: Ketapang Terbuka Bagi Semua Suku

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri upacara adat Kolatn Kabarutn Sayak Rampang Padi di Desa Demit, Kecamatan Sandai, Jumat (09/06/2023).

Sebagai informasi, upacara adat Kolatn Kabarutn adalah tradisi pasca panen masyarakat Desa Demit sebagai ungkapan syukur dan mohon keberkatan Yang Maha Kuasa, Duata Perimbang Alam Bumi Tanah Arai (Tuhan), tahun depan.

Dalam sambutannya, Alexander berharap,  acara adat  tahunan Kolatn Kabarutn Sayak Rampang Padi ini tetap dipertahankan dan ia mengaku mendukung penuh kegiatan adat semacam ini.

“Saya atas nama pribadi, saya sebagai sekda, mewakili pemerintah daerah, apalagi saya sebagai Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh mendukung penuh,” ucapnya.

Alexander juga berharap, agar upacara adat Kolatn Kabarutn selain dipertahankan juga dapat dijadikan agenda rutin tahunan dan meminta dinas budaya dan pariwisata untuk memfasilitasinya dalam bentuk anggaran.

“Walaupun tidak bisa dibantu sepenuhnya,  upacara adat Kolatn Kabarutn ini bisa difasilitasi melalui APBD,” kata Alexander.

Terkait adanya keinginan masyarakat adat Desa Demit untuk memiliki rumah adat yang representatif, Alexander pun menyetujuinya. Sekda mengatakan, secara prinsip pemerintah daerah membuka diri dan mendukung terhadap segala upaya pengembangan, pelestarian adat dan budaya atau tradisi seluruh suku bangsa yang ada di Kabupaten Ketapang.

“Pemerintah daerah selalu membuka diri, selalu mendukung pengembangan, pelestarian adat, budaya, tradisi seluruh suku di Kabupaten Ketapang,” terang Alexander.

Namun demikian, dirinya menjelaskan, bahwa prasyarat dari rumah adat agar mendapat alokasi anggaran dari pemerintah melalui dana hibah,  masyarakat harus menghibahkan terlebih dahulu tanah yang hendak didirikan bangunan rumah adat tersebut kepada pemerintah.

“Untuk rumah adat ini syarat utamanya, harus tersedia lahan di tepi jalan strategis. Lahan tersebut tidak boleh minta ganti rugi kepada pemerintah. Hibah, dihibahkan ke pemda,” tuturnya.

Lebih lanjut Alexander menjelaskan, jika lokasinya belum tersedia, maka pemerintah daerah tidak bisa memberi anggaran. Ketika tanahnya sudah tersedia, penganggarannya pun harus sesuai dengan spesifikasi bangunan dan estimasi pengerjaannya.

“Kalau lokasinya belum ada, maka tidak bisa dianggarkan di APBD. Penganggarannya juga harus sesuai dengan model bangunannya, yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Seperti apa model bangunanya? Kalau terlalu besar, tidak bisa diselesaikan dalam setahun, harus dua tahun,” terangnya.

Sekda menyarankan, agar segera dibentuk panitia pembangunan rumah adat dan melengkapi segala persyaratan perolehan hibah dari pemerintah supaya pada APBD Perubahan ini bisa dianggarkan.

“Yang jelas, silahkan bentuk panitia ataupun melalui Pak Kades saja. Nanti dibuat surat, beserta syarat-syaratnya. Kalau tanahnya memang sudah clear, di APBD Perubahan Tahun 2023 kita bisa mulailah, sampai rangka,” ujar Alexander.

“Dan kalau bisa, ada swadaya dari masyarakat juga, supaya masyarakat merasa memiliki rumah adat itu. Paling tidak, bisa bantu gotong-royong bersihkan lahan,” tambahnya.

Sekda kembali mengingatkan, bahwa menjaga tradisi adalah menjaga harga diri, identitas diri. Dengan menjaga tradisi,  masyarakat dapat berdaulat secara budaya maupun ekonomi.

Sekda juga menyinggung tradisi berladang. Dirinya minta, tradisi tersebut tetap dilestarikan namun mengimbau agar tidak mengeksploitasi tanah dan hutan secara berlebihan agar anak cucu kebagian.

“Tradisi berladang juga tidak boleh ditinggalkan agar tradisi-tradisi tetap lestari. Tanah jangan dihabiskan, tetapi harus disisakan untuk anak-cucu,” katanya.

Mengakhiri sambutannya, Alexander meminta para domong dan seluruh masyarakat adat di Desa Demit tetap semangat menjaga, merawat adat Jalan Jamban Titi Sejak Karosek Mula Tumbuh Tanah Mula Menjadi.

Upacara adat Kolatn Kabarutn Sayak Rampang Padi di Demit ini dihadiri antara lain oleh Camat Sandai, Polsek Sandai, Danramil Sandai, Ketua DAD Sandai, Kades Demit, para domong mantir.

Pada acara adat Kolatn Kabarutn di Desa Demit ini, Sekda Ketapang didampingi antara lain oleh Staf Ahli bidang kemasyarakatan dan SDM,  Asisten Sekda bidang Ekonomi dan Pembangunan,  Kepala Distanakbun, Kepala Inspektorat, Repalianto, Kaban Kesbangpol, Kabag Pemerintahan Setda kabupaten Ketapang, Disparbud, Kepala Satpol PP, BPKAD, Prokopim. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Rokidi Duduki Jabatan Penting di Kepengurusan LPTQ Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi menduduki jabatan penting di kepengurusan Lembaga Pengembangan…

36 mins ago

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

15 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

17 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

17 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

17 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

17 hours ago