Categories: HeadlinesKetapang

Dewan Minta Kasus Keracunan Makanan di Ketapang Ditetapkan Jadi KLB

KalbarOnline, Ketapang – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Ketapang, Uti Royden Top meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang melalui Dinas Kesehatan menetapkan status kasus keracunan massal yang terjadi pada acara resepsi di Kecamatan Delta Pawan menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Menurutnya hal itu diperlukan, agar seluruh biaya pengobatan terhadap puluhan warga yang mengalami kasus keracunan makanan yang saat ini telah ditangani oleh pihak rumah sakit seluruhnya gratis.

“Kasus kejadian tadi malam, keracunan massal itu termasuk Kejadian Luar Biasa (KLB) dan penanganan serta biaya pengobatan gratis, seluruhnya ditanggung oleh pemerintah,” katanya, Kamis (11/05/2023) pagi.

Politisi Partai Golkar itu juga sempat meninjau secara langsung penanganan yang dilakukan oleh tenaga medis di RSUD dr Agoesdjam Ketapang terhadap pasien kasus keracunan makanan pada Rabu malam.

“Apresiasi kepada pihak RSUD yang cepat dalam penanganan korban keracunan makanan, dan kepada kapolres yang mengerahkan anggotanya untuk membantu korban termasuk menyediakan tempat tidur tambahan,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau agar masyarakat tidak berprasangka apapun terhadap kejadian itu. Karena saat ini pihak rumah sakit tengah fokus terhadap pertolongan korban. Ia meyakini, kalau peristiwa ini murni kasus keracunan makanan tanpa disengaja pihak manapun, sebab tuan rumah sendiri pun juga menjadi korban.

“Korban sudah ditangani dengan baik. Harapan kepada masyarakat jangan berburuk sangka dulu sebelum mengetahui kebenaran penyebab kejadian tersebut dan serahkan (penanganannya) kepada Polres ketapang, sekarang fokus saja untuk pertolongan korban,” tandasnya. (Adi LC)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pelaku Curanmor Depan Pangkas Rambut Pontianak Utara Ditangkap Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Satu pelaku pencurian sepeda motor di depan pangkas rambut Jalan Gusti Situt…

11 hours ago

Sujiwo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacabup Kubu Raya ke PDI Perjuangan

KalbarOnline, Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019 - 2024, Sujiwo secara resmi…

11 hours ago

KalbarOnline.com bersama Puluhan Pemred se Indonesia Teken Deklarasi ICEC

KalbarOnline, Palembang - Hari Pers Internasional atau World Press Freedom Day yang jatuh setiap tgl…

12 hours ago

Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat Ringkus Pencuri Sepeda Motor

KalbarOnline, Pontianak - Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat mengamankan seorang laki-laki bernama Roby (25 tahun)…

14 hours ago

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

21 hours ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

22 hours ago