Dinkes dan KB Kayong Utara Siagakan 7 Posko Kesehatan di Jalur Mudik

KalbarOnline, Kayong Utara – Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Kabupaten Kayong Utara (KKU) menyiagakan sebanyak 7 titik posko dan 16 petugas medis di sepanjang jalur mudik lebaran Idul fitri 1444 H tahun ini.

Plt Kepala Dinkes dan KB KKU, Iwan Dwi Purnomo menuturkan, bahwa posko-posko itu didirikan atas inisiasi bersama dengan beberapa instansi terkait.

“Jadi seperti biasa, posko kesehatan itu nantinya akan didirikan bersama posko dari mitra kami lainnya seperti kepolisian, dishub dan instansi lainnya,” kata Iwan, Rabu (12/04/2023).

Ia menjelaskan, adapun 16 tenaga medis yang ikut disiagakan itu, diantaranya 4 orang di posko Pantai Pulau Datok, 2 orang di posko sekitar Tugu Durian, 2 orang di Pelabuhan Speed Sukadana, 2 orang di Pelabuhan Speed Teluk Melano, 2 orang di wilayah Siduk, 2 orang di Pelabuhan Teluk Batang dan 2 orang di wilayah Seponti.

Salah satu lokasi posko kesehatan di KKU. (Foto: Santo)

Tak hanya itu, lanjut Iwan, Dinkes dan KB KKU juga mempersiapkan rujukan dan juga fasilitas mobil ambulance jika terjadi permasalahan darurat.

“Jadi jika ada masalah kedaruratan atau kecelakaan maka rujukannya sudah siap serta fasilitas mobil ambulance di puskesmas kesehatan yang ada,” tukasnya.

Lebih lanjut, Iwan juga menegaskan kepada seluruh tenaga kesehatan (nakes) agar menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin. Sebab nakes juga seperti guru–pahlawan tanpa tanda jasa bertugas 24 jam. Untuk itu, ia juga mengimbau untuk para pemudik agar selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan dalam berkendara.

“Dan yang penting jaga kesehatan diri dan patuhi jadwal. Jangan mangkir karena akan ada monitoring dan pemantauan langsung ke lapangan,” pungkasnya. (Santo)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Ungkap Baru 53 Desa di Kapuas Hulu yang Sudah Deklarasi Stop ODF

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan, dari 278 desa dan 4…

4 hours ago

Tanah Longsor Landa Kabupaten Landak, Jalan Ngabang – Serimbu Sempat Terputus

KalbarOnline, Landak - Tingginya intensitas hujan di Kabupaten Landak dalam beberapa hari terakhir ini telah…

4 hours ago

PWI Kalbar Audiensi ke KONI, Perkuat Silaturahmi dan Kerja Sama Media

KalbarOnline, Pontianak - Jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Barat melakukan kunjungan kehormatan…

5 hours ago

Diterjang Angin Kencang, Motor Air Milik Nelayan Karam di Perairan Muara Teluk Batang

KalbarOnline, Kayong Utara - Sebuah motor air milik seorang nelayan karam di perairan muara Teluk…

8 hours ago

Nilai Reformasi Birokrasi dan SAKIP Pemkot Pontianak Naik

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menuturkan bahwa Indeks Reformasi Birokrasi (RB)…

8 hours ago

Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gereja Dekat Masjid, Sekda Ketapang: Kita Bangsa Majemuk Penuh dengan Toleransi

KalbarOnline, Ketapang - Sekda Ketapang, Alexander Wilyo melakukan peletakan batu pertama sebagai pondasi bagi pembangunan…

9 hours ago