Kemenkeu Perkenalkan Minyak Makan Merah, Lebih Sehat dan Anti Stunting

KalbarOnline, Pontianak – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Perwakilan Kalimantan Barat bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mensosialisasikan penggunaan minyak makan merah di Kalbar, Jumat (10/02/2023).

Kepala Perwakilan Kemenkeu Satu Kalbar, Kukuh Sumardono Basuki menyampaikan, sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Kegiatan tersebut juga sebagai salah satu upaya mendorong penguatan UMKM dan menyosialisasikan kebijakan Kemenkeu di Kalbar.

“Kegiatan ini dihadirkan untuk mengenalkan minyak makan merah kepada masyarakat luas karena produk ini mempunyai manfaat yang luar biasa dengan harga yang cukup kompetitif,” ujar Kukuh di Pontianak.

Lebih lanjut ia menerangkan, selain mensosialisasi minyak makan merah, pihaknya juga menggelar lomba masak dengan dihadiri oleh para pejabat dan pegawai dari Kemenkeu Satu Kalbar, pejabat BPDPKS, PPKS dan juga para pelaku usaha UMKM di Kalbar.

Sementara itu, peneliti dari PPKS, Edy Mulyono menyampaikan, bahwa minyak makan merah memiliki manfaat yang lengkap. Di mana minyak makan merah memiliki komposisi fitonutrien yang sangat lengkap, antara lain mengandung vitamin E, Provitamin A dan skualen yang bermanfaat untuk memperkuat ketahanan dan kedaulatan pangan Indonesia.

“Potensi besar sebagai anti stunting dan sebagai alternatif minyak goreng sehat,” kata dia.

Menurutnya, mengacu pada kandungan nutrisinya, bahwa minyak makan merah itu bersifat kardioprotektif dan menurunkan risiko stroke, anti kanker, antidiabetes dan neuroprotektif.

“Artinya, penggunaan minyak makan merah sangat baik dan ini sangat potensial dikembangkan. Apalagi Kalbar merupakan sentra sawit di Indonesia, bahan bakunya melimpah,” terangnya.

Selain sosialisasi dan lomba, dalam kesempatan itu juga dilakukan demo masak oleh Chef Riall Arief yang merupakan masterchef season 5 Indonesia dan Chef Mohamad Ismail selaku Executive Chef of Ibis Hotel. Keduanya menyajikan makanan dengan menggunakan minyak makan merah yaitu nasi gurih dan sate maranggi. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pelaku Curanmor Depan Pangkas Rambut Pontianak Utara Ditangkap Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Satu pelaku pencurian sepeda motor di depan pangkas rambut Jalan Gusti Situt…

3 hours ago

Sujiwo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacabup Kubu Raya ke PDI Perjuangan

KalbarOnline, Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019 - 2024, Sujiwo secara resmi…

3 hours ago

KalbarOnline.com bersama Puluhan Pemred se Indonesia Teken Deklarasi ICEC

KalbarOnline, Palembang - Hari Pers Internasional atau World Press Freedom Day yang jatuh setiap tgl…

3 hours ago

Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat Ringkus Pencuri Sepeda Motor

KalbarOnline, Pontianak - Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat mengamankan seorang laki-laki bernama Roby (25 tahun)…

5 hours ago

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

12 hours ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

14 hours ago