Categories: HeadlinesPontianak

Ruslan, Buronan Lapas Pangkalan Bun Salut Polresta Pontianak Bisa Tangkap Dirinya

KalbarOnline, Pontianak – Ruslan (39 tahun), buronan yang berhasil kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengaku salut bahwa Polresta Pontianak berhasil menangkap dirinya.

“Saya salut anggota Polri dan Lapas, bisa menangkap saya,” kata Ruslan dengan tangan terborgol di hadapan Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Adhe Hariadi dan Kalapas Pangkalan Bun, Doni Handriansyah, Senin (09/01/2023).

Kepada wartawan, Ruslan menyatakan masih tidak menyangka, kalau kepolisian berhasil menangkapnya sejak dirinya melarikan diri dari lapas pada 4 Desember 2022 lalu.

“Selama menjadi tahanan sudah tiga kali saya berhasil kabur,” ucap residivis kasus pencurian tersebut.

Ruslan menambahkan, bahwa masuk penjara merupakan hal yang sudah biasa baginya. Ruslan berdalih, dirinya melakukan tindakan kriminal itu hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Sudah 15 kali masuk penjara, sejak saya berusia 13 tahun,” kata Ruslan.

Seperti diketahui, penangkapan Ruslan oleh jajaran Polresta Pontianak dilakukan usai dirinya kedapatan mencuri di Mall Ramayana Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), pada Minggu (08/01/2023) sore.

Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol Indra Asrianto menjelaskan, penangkapan Ruslan sendiri bermula saat pihaknya mendapat informasi dari masyarakat sekitar pukul 15.30 WIB, bahwa adanya seseorang yang melakukan pencurian dan diamankan oleh petugas keamanan di Mall Ramayana Pontianak.

“Saat ditanya identitas, ternyata orang tersebut adalah terpidana perkara pencurian dengan kekerasan yang melarikan diri dari Lapas Pangkalan Bun dengan cara menjebol dinding dan membawa senjata (jenis soft gun) inventaris (milik anggota) lapas,” terangnya usai penangkapan Ruslan, Minggu sore. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

9 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

11 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

11 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

11 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

11 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

11 hours ago