Categories: Singkawang

Antisipasi Ancaman Cuaca Ekstrim, PLN Lakukan Simulasi Pendirian Tower Darurat

KalbarOnline, Singkawang – Pasca peringatan cuaca ekstrem yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), PT PLN (Persero) sigap mengantisipasi terjadinya gangguan tower roboh akibat ancaman cuaca ekstrim.

Salah satunya melalui simulasi pendirian tower darurat atau Emergency Restoration System (ERS) yang sangat diperlukan saat terjadi gangguan.

Simulasi pendirian tower darurat ini dilakukan pada tanggal 3 hingga 7 Oktober di Singkawang, yang melibatkan 50 personel teknik PLN se-Kalimantan.

Manager PLN Unit Pelaksana Penyaluran dan Pengatur Beban Sistem Kalimantan Barat, Sudarto menerangkan, kegiatan ini merupakan langkah mitigasi risiko yang dilakukan PLN untuk menjaga keandalan pasokan listrik kepada pelanggan.

Refreshment pendirian tower ERS ini merupakan upaya PLN dalam menjaga kontinuitas dan keandalan pasokan listrik. Seperti kita ketahui tower transmisi merupakan bagian yang sangat vital dalam penyaluran energi listrik apabila hal buruk terjadi,” ujar Sudarto.

Lebih lanjut ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan agar personel PLN selalu siap siaga apabila terjadi kejadian buruk yang menimpa Tower Transmisi 150kV dan 275kV.

Dimana menurutnya, jika hal tersebut terjadi, maka tim dari PLN sudah siap untuk segera memulihkan sistem kelistrikan dengan membangun tower ERS.

“Dengan menggunakan tower emergency ini, kita dapat melakukan recovery segera ketika Tower Transmisi PLN roboh dan penyaluran tenaga listrik dapat segera dipulihkan. Semoga dengan training ini dapat menambah kompetensi karyawan PLN UP3B Kalbar dalam menjaga keandalan pasokan listrik di Kalimantan khususnya di Kalimantan Barat,” ungkap Sudarto. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

4 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

6 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

6 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

6 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

6 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

6 hours ago