Categories: Melawi

Cegah Pungli, Propam Polres Melawi Gelar Pengawasan dan Monitoring Layanan Publik

KalbarOnline, Melawi – Guna mencegah terjadinya praktik pungutan liar (pungli) dalam pelayanan terhadap masyarakat, Propam Polres Melawi melaksanakan kegiatan pengawasan dan monitoring pelayanan publik di wilayah hukum Polres Melawi, Kamis (27/10/2022).

Pelaksanaan pengawasan dan monitoring ini meliputi pelayanan publik seperti pembuatan SIM, LKB, SKCK, kartu identifikasi, dan lainnya.

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto melalui Kasi Propam Polres Melawi, IPTU Samuji menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya pihaknya dalam rangka mencegah terjadinya pungli pada pelayanan kepolisian di Kabupaten Melawi.

“Kami laksanakan secara rutin setiap harinya. Ini sebagai upaya Polres Melawi dalam rangka mencegah terjadinya pungli pada pelayanan publik di Polres Melawi dan polsek jajaran,” kata dia.

Samuji berharap, dalam mencegah dan memberantas praktik pungli, masyarakat juga dapat ikut berpartisipasi, baik itu dalam hal melaporkan setiap kejadian maupun dengan membuat langsung (SIM, LKB, SKCK, dll) ke pelayanan Polri tanpa melalui perantara pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya bersama dalam mengatasi dan mencegah pungli ini, dan dalam upaya menjamin pelayanan Polri bebas dari pungli serta sebagai sarana menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) serta wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM),” jelasnya.

Samuji juga mengatakan, bahwa pihaknya tidak akan main-main terhadap pelaku maupun oknum yang ketahuan melakukan pungli ataupun korupsi tersebut.

“Kami akan menindak dengan tegas, setiap pelaku ataupun oknum yang melakukan pungutan liar. Hal ini senada dengan instruksi Bapak Presiden melalui Bapak Kapolri, menciptakan pelayanan Polri yang bebas dari pungli,” tuntasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Polres Kapuas Hulu Gelar Pelatihan Profesionalisme Fungsi Intelkam Bagi Personel

KalbarOnline, Putussibau - Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan membuka pelatihan profesionalisme personel Intelkam Polres Kapuas…

3 hours ago

Suami di Kubu Raya Pergoki Istrinya Diduga Selingkuh dengan Seorang Tokoh Agama

KalbarOnline.com – Beredar di media sosial sebuah video seorang suami di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten…

6 hours ago

HUT ke-41 BPKP, Romi Wijaya: Semakin Akseleratif dan Independen

KalbarOnline.com – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya menghadiri upacara peringatan Hari ulang tahun…

7 hours ago

Seorang Pemuda di Kubu Raya Nekat Curi Troli Basarnas untuk Modal Judi Slot

KalbarOnline – Seorang pemuda di Kubu Raya berinisial ED (29) diamankan polisi terkait kasus pencurian.…

7 hours ago

Bappeda Pontianak Ajak Stakeholders Identifikasi Potensi Risiko Pembangunan SPALD-T

KalbarOnline.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pontianak menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk…

7 hours ago

Ani Sofian Instruksikan Dishub Pontianak Tertibkan Truk Kontainer Tanpa Twist Lock

KalbarOnline.com – Insiden jatuhnya boks kontainer di jalan raya sudah beberapa kali terjadi di Pontianak.…

8 hours ago