Categories: Kapuas HuluNasional

Bupati Kapuas Hulu Dampingi Ketua Komisi V DPR-RI Tinjau Normalisasi Danau di Kota Putussibau

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mendampingi Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus meninjau normalisasi danau yang berada di Desa Jaras, Kecamatan Putussibau Selatan, Sabtu (15/10/2022) pagi.

Pada kesempatan itu, Bupati Kapuas Hulu mengucapkan terimakasih kepada Lasarus selaku Ketua Komisi V DPR-RI yang telah menanggapi usulan dari pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terkait normalisasi danau di kabupaten Kapuas Hulu, khususnya di pusat Kota Putussibau.

“Di Kapuas Hulu ada 268 danau di luar gugus Danau Sentarum, tahun ini ada 5 danau di sekitaran Kota Putussibau yang dilakukannya normalisasi danau,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Fransiskus Diaan turut menyampaikan, bahwa kegiatan normalisasi danau tersebut dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat Kapuas Hulu.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mendampingi Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus meninjau lokasi normalisasi danau di Kota Putussibau. (Foto: Ishaq)

“Dampaknya sangat terasa sekali, khususnya masyarakat di kota Putussibau karena jika musim hujan dulu itu sering banjir, sekarang hujan berhari-hari pun airnya tidak meluap langsung ke pemukiman masyarakat, selain itu air cepat surut,” ujarnya.

Bupati Kapuas Hulu yang kerap disapa Bang Sis ini melanjutkan, terkait lahan yang sudah disertifikat oleh masyarakat di wilayah normalisasi danau akan dikaji lagi kedepannya.

“Hal tersebut memang tidak pernah tertangani sebelumnya, sehingga masyarakat melihat dan berinisiatif untuk membuat sertifikat, ini nantinya akan kita telusuri kenapa sertifikat tanah bisa dikeluarkan oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN). Karena wilayah Danau ini tidak boleh dikuasai oleh masyarakat,” tegas Bupati Sis. (Ishaq)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

7 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

9 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

9 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

9 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

9 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

9 hours ago